Telolet, Antara Hiburan dan Uang


Beberapa hari ini fenomena telolet memang sangat luar biasa. Walau sebenarnya memang ini sudah lama dikalangan pecinta bus. Ane pernah menulis artikel “Hobi Telolet Yang Ane Tidak Dapat Memahaminya” Pada May 13, 2016

DI artikel itupun ane menyinggung masalah duit. Dimana sebanarnya hobi orang awam dan kebanggan nya dimanfaatkan oleh orang yang lebih cerdas memanfaatkan peluang.

Hobi ini memang cepat perkembang di Facebook terutama di grup walau awalnya memang setahu ane di situs bismania yang paling lama dan paling dulu ada yang online nya. Maaf kalau salah tapi yang mau ane bahas bukan siapa yang dulu dll.

Untuk kasus telolet hari – hari yang menjadi TTWW adalah kalau menurut ane karena foto aksi 411 yang di edit Om Telolet Om. Lebih tepatnya awal menjadi benar benar menjadi – jadi. karena kalau bisa dibilang telolet ini memang konten yang selalu naik dari ane posting mei itu. Selalu naik disini maksutnya selalu ada saja dibicarakan setiap hai dan terkadang memang menjadi trending di facebook. Di Youtube pun para reupload hampir setiap hari mengupload video ini.

Mungkin karena tidak dihubungkan dengan politik sehingga trend setiap hari itupun menjadi trend yang minoritas. karena untuk saat ini memang Politik yang benar2 dibicarakan orang setiap harinya terutama Ahok, Jakarta dan Aksi aksi bela.

2 trend yang bertemu antara video telolet lucu dan gambar spanduk aksi 411 yang di edit telolet. Akhirnya benar benar membuat orang membicarakan telolet. Kalau menurut ane dari yang ane lihat beberapa trend. Kalau ngomongin Agama ya dan itu Islam. Yang lebih tidak pro ke yang aksi – aksi itu lebih banyak sedikit. Ini ane bandingin dengan Agama sama walau aliran beda. belum lagi kalau ketambahan yang tidak seagama. Belum lagi kalau ngomongin yang usia muda.

Kombinasi itu yang benar2 membuat orang membahas telolet yang pesawat dan kawan2 itu + telolet yang editan aksi 411. Tak heran menjadi benar2 orang membicarakan itu.

Belum lagi bot spam mesin dan orang yang menyepam akun akun idolanya dengan menyuruh mereka membahas Om Telolet Om. Yang tak khayal membuat para idol akhirnya bergiliran membahas Om Telolet Om.

Nah disini point yang mengelitik menurut ane. Mungkin kopolosan orang netizen kita dan atau memang itu sudah menjadi core. Menjadi kebanggaan untuk merespon dan terheran2 ketika melihat idol ikut menyinggung trend atau membahas indonesia.

Fenomena orang-orang asing yang mulai menjajah YT indonesia dengan bule kulineran kah, Bule trefeling kah, Bule ngevlog bahasa indonesia kah. Beberapa bulan ini ane mengamati dari orang Jerman, Rusia, Jepang, Korea, Australia dll mulai meramekan konten lokal. Dan yang paling heboh adalah tentang peningkatan yang sangat drastis dari 100 – 10.000 pengikut hanya dalam waktu mingguan. Walau kalau menurut ane akan staknan tidak lebih dari 100k kecuali dia cewek atau targetnya tidak cuma indonesia. Karena memang ada sebagian yang niat trefeling cukup lama untuk mendapatkan tambahan subcrebber disetiap negara yang lama dia singgahi. Visa kunjungan 30 hari jika setiap hari memproduksi 2-3 konten berarti dalam sebulan sudah membuat hampir 100 konten dan itu cukup untuk kebutuhan konten 3 bulan dan ane rasa 50k subcreber indonesia masih potensial dapet dengan konten yang menarik dan dibantu ads facebook dll. Jadi orang jangan terlalu lugu untuk menganggap setiap hari produksi adalah setiap hari itu juga shoting dan langsung edit.

Kembali ke telolet lagi. Tak banyak akun2 luar yang memanfaatan fenomena ini untuk memperluas dan menambah jaringan mereka disini. Itu sah2 saja karena itu juga termasuk marketing. Ane hanya mengingatkan bahwa mereka ngikutin2 gitu karena itu dan ada niat kesana. Jadi jangan terlalu polos. Dan apakah kamu dirugikan dengan mereka seperti itu ? tentu tidak, terus ngapain ? Ya terus di catet aja, siapa tahu kalian bisa memanfaatkan ilmu markting itu untuk usaha kamu lainnya.

Ane berani taruhan deh, cek postingan interes akun2 seleb / klub sepakbola luar dll yang official – official yang pada ikutan om telolet om itu. Bandingan interes dimana mereka ikutan update telolet. Ehtah itu FB, Twitter, IG atau YT . Lihat Like, Komen, Share, RT dan mention mereka sebelum telolet . Jika kalian masih ngumun melihat artis2 itu ikutan telolet dan kalian berkecimpung dunia internet apalagi marketing, mungkin kalian belum follow @rasarab . kalau udah follow tapi masih ngumunan berarti kalian kurang open mind dan browsing nya kurang jauh.

Jadi buat ane ini sebuah pilihan sih,  artis ada yang bahkan benci dengan viral ini ada yang sangat bisa memanfaatkan ada yang biasa saja. Kan kita tidak bisa memaksakan juga cara orang memanfaatkan peluang. Justru menurut ane yang kontra2 itu justru yang sudah paham masalah marketing ginian dan memang memutukan untuk tidak ikutan.

Sebenarnya moment itu juga bagus kalau mau bisa membaca peluang yang melulu tidak langsung konteknya ke uang. Peluang buat kamu bisa nunjukin karya yang kamu bisa terutama yang lbih ke visual dan suara. Karena moment seperti ini sangat jarang. Apalagi kalau emang mau dikonsep kamu butuh tim ya jangan sia-siakan moment ini harusnya. Walaupun kalau kamu  terus bikin apapun setelah tahu peluang dari baca artikel ini kamu kehilangan jam emas. Tapi masih ada jam perunggu sampai 1-2 hari kedepan :mrgreen:

Yang menggelitik ada beberapa artis yang lucu, di IG dengan caption Telolet lantas banyak penggemar nya dari indonesia menirukan telolet. Namun di Twitter dia bilang IG nya diserang komen telolet :mrgreen: . Follower yang dari indonesia yang lagi keranjingan pun ikut meng RT dan akhirnya media online pun karena rending ya ikut mmbuat konten berita artis2 itu. Belum lagi para kaum reupload youtune yang langsung sigap reupload video, kompilasi video reupload dan masih banyak lagi. Walau cpc konten lokal mememilukan namun tetap lumayan sambil nunggu video sidang ahok berikutnya :mrgreen:

Masih ingat video diatas ? :mrgreen:

Mekanisme yang harus kita tahu mungkin seperti itu. namun ini lumayan keren sih ini telolet ini. Walau buat para pelaku telolet ane masih tidak mendapatkannya. ya mungkin memang bukan niche ane.

Leave a Reply

