Kata Terakhir Mas Umar : Warisi Keluargamu Dengan Sistem Bisnis Ba, Ojo Warisi Bisnis


Mas Umar adalah salah satu sahabat lama ane, dia memiliki sebuah bisnis dulu yaitu sebuah kafe yang lumayan terkenal di jamannya. Jika kamu anak 90an di Jogja pasti kalian tahu Kafe17. ya dia termasuk ownernya.

Dari seorang anak IT yang terus banting stir ke dunia pertanian dan bisnis lainnya. Bukan karena dia tidak mampu atau tidak percaya dengan dunia IT. namun dia hanya ingin memiliki bisnis lain diluar dunianya dan bisa dia buat auto pilot dan tersistem.

Dia sebelumnya juga memiliki usaha juga dibidang IT yaitu beberapa toko komputer. Bekerja disalah satu perusahaan sawit terbesar yang merubah polapikirnya. Bertemu dengan para orang kaya yang memiliki banyak usaha. Hingga paa akhirnya dia keluar dan ditawari untuk mengurus sebuah pertanian sawit secara tersistem. Dari situ dia mulai memiliki lahan sawit dan akhirnya fokus ke pertanian. Ya itu seinget ane dia pernah beberapa kali bercerita.

Dia juga pernah bilang, awak dewe ki cah IT, pie carane kudu iso ngembangke bisnis2 sing sakjane bener2 butuh IT untuk membuatkan sistem e, Ngurangi onone tengkulak lan iso masarke direk nang pembeli. Ya dia pernah bercerita seperti itu.

Mas Umar mengambil S2 diluar ane lupa malaysia atau SIngapure, namun bidang yang dia ambil adalah Pertanian dan Peternakan. Dia mulai membangun sebuah peternakan sapi dengan ilmu pengetahuan. Memelihara Sapi dengan ilmu pengetahuan yang dia dapat dikampusnya. Memasarkan pertanian dan sistem pertaniannya dengan ilmu yang dia dapat di Pertanian dan IT adalah sebuah pelengkap dimana dia bisa membuatnya lebih terkontrol.

Dia sukses tembus ke beberapa perumahan dan supermarket di Jakarta untuk beras organiknya.

Mas Umar juga mengajarkan tentang kesederhanaan, bisa dibilang kalau cuma untuk membeli sebuah Mercy atau lambrogini dia mungkin bisa. Jika hanya membeli sebuah HP paling mahal dia juga mampu. Namun dia selalu bilang bahwa semua itu diukur dari fungsinya terlebih dahulu dan faktor manfaat. Jika tidak terlalu butuh dan kita bisa lebih nyaman dengan hal yang tidak terlalu mahal kenapa harus memaksakan diri untuk hal yang tidak penting ?

Masalah mobile dia jelas butuh mobil mahal untuk bisnis gimik bisnis menawarkan ke client yang kaya tentu akan lebih dianggap kalau kita juga berpenapilan seperti mereka. Namun katika hal itu tidak sering berulang dan bisa menyewa sebuah mobil mercy untuk sekedar datang untuk meeting kenapa harus beli ? Dia bilang gitu :mrgreen: , perlu diketahui mas umar hanya menggunakan sebuah HP jadul namun memiliki 1 iphone yang hanya dia gunakan saat bertemu dengan client bisnisnya.

Manajemen keuangan itu penting kata Mas Umar

Dia juga bercerita dalam berbisns managemen keuangan itu penting. uang perusahaan, uang buat makan, uang buat investasi itu harus dipikir dan dibuat sendiri. Dia makan diwarunga sendiripun dia bayar. Dia menggunakan mobil perusahaanya pun dia tetap bayar dia anggap sewa. DI Bank itu jika memang uang kita lumayan kita bisa membuat sub2 tabungan untuk memecah uang kita secara otomatis ke rekening2 tertentu yang sudah kita kategorikan, Jadi nantinya semua tidak akan menggangu perputaran uang di perusahaan. Bodonnya kadang kita menggunakan uang modal untuk kepentinan pribadi, menggunakan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi, walau toh itu juga punya kita namun secara bisnis hal seperti itu tidak baik.

Ya Mas Umar menceritakan itu semua, dia suka berbagi pengalaman dan selalu memberikan wejangan2 tentang itu semua. Berdiskusi dengan dia bisa lama dan pasti akan mendapatkan ilmu baru.

Namun sayang, kita terlalu cepat kehilangan dan berpisah 12 November 2016 Mas Umar dipanggil sang pencipta. Beberapa bulan sebulan dia meninggal dia banyak bercerita tentang ide nya yang sedang dalam proges yaitu membuat panel surya untuk mencukupi 80.000 watt  listrik yg tu merupakan 99 persen kebutuhan listrik pabriknya di sumatra. Dia sampai jauh2 harus ke Jepang dll untuk bertemu dengan perusahaan pembuat panel itu menyusun konsep dan berbicara dengan para insyinur perancangnya. Ane tidak tahu progres itu sampai dimana dan bericerita dia akan menjadi pioner jika itu bisa terrealisasi dan kemungkinan akan banyak yang akan pesan.

Satu pesan dari dia tentang bisnis dan kematian : Warisono anak turunmu sistem bisnis sing wes auto pilot. Sing iso tetep mlaku tanpa koe dewe kudu ono. Gunakke ilmu IT dinggo hal2 sing iso berguna dinggo liane. Mangkas tengkulak mangkas rentenir. Ojo pelit ilmu.

Selamat jalan idolaku selamat jalan Mas Umar, semoga tentram diatas sana. Ilmu-ilmu yang kamu bagi tidak akan pernah terputus. Jare koe ya kangen Hamid ta ? Ya saiki wes ketemu hamid iso gojekan meneh :mrgreen: . Ane dan Bernad cukup kehilangan kalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s