Bahaya Menggunakan DNS dns.tiar.app, doh.tiar.app atau DNS sejenisnya


DNS mulai banyak bertebaran, ada yang mempercepat ada yang menghilangkan iklan. Salah satunya yang lagi booming di twitter adalah dns.tiar.app atau doh.tiar.app

DNS doh.tiar.app dapat membuat profil IP tertentu untuk negara mana yang mereka kunjungi, atau jenis situs yang mereka sukai.

dns.tiar.app dapat mengidentifikasi situs yang Anda kunjungi yang tidak memiliki analisis google / iklan google dll, memungkinkan doh.tiar.app  mengetahui semua yang Anda sambungkan.

doh.tiar.app menyatakan mereka tidak membagikan data dengan analitik atau iklan, sepertinya tidak mengatakan itu tidak akan membagikan data ini dengan orang lain.

dns.tiar.app dapat melihat kueri ke nama host internal di intranet / lan perusahaan lokal Anda ketika Anda mencoba mengunjungi situs internal.

doh.tiar.app akan dapat melihat produk perangkat lunak yang digunakan IP, jika produk tersebut melakukan pembaruan berbasis web.

doh.tiar.app akan dapat mengetahui apakah Anda terinfeksi malware, apakah malware itu menghubungi nama host untuk pembaruan muatan. Hal ini memungkinkan doh.tiar.app untuk mengetahui apakah Anda melakukan backdoored / terinfeksi yang secara hipotetis berarti informasi ini dapat digunakan untuk mengumpulkan daftar host yang diretas. Ini juga memberi mereka potensi untuk mengontrol muatan yang digunakan oleh bot tidak menggunakan verifikasi / penandatanganan muatan. Apakah saya mengatakan doh.tiar.app akan melakukan sesuatu dengan informasi ini? Tidak sepertinya.

Meskipun benar ISP Anda berada di posisi yang sama (walaupun kemungkinan mereka tidak dapat mempertahankan atau menganalisis lalu lintas seperti google karena kurangnya sumber daya), motivasi ISP Anda untuk menawarkan DNS adalah membuat web berfungsi, sementara google memiliki semacam manfaat finansial yang belum ditentukan (mereka adalah perusahaan publik yang mencari pemegang saham setelah semua) yang mungkin terkait dengan kebiasaan pribadi Anda.

Saya percaya doh.tiar.app melakukan hal yang benar untuk mempercepat web, namun saya khawatir suatu hari banyak orang akan menyesal menyerahkan begitu banyak informasi kepada doh.tiar.app .  Motivasi untuk posting ini adalah bahwa Anda harus menyadari berapa banyak informasi yang Anda berikan kepada satu perusahaan tertentu, sementara layanan ini ‘gratis’ Anda membayar harga yang belum ditentukan.

Belum lagi jika anda adalah pelaku bisnis, anda akan membuang banyak biaya iklan yang percuma.