Kerennya Google Membuat Files Go – Aplikasi Cleaner [ Sudut Pandang Markting ]


Sebagai perusahaan iklan, Google mungkin salah satu yang terbaik saat ini. Bagaimana tidak ? Untuk mendapatkan data calon target iklan dia memiliki banyak otoriti yang saat ini menjadi aplikasi atau tools utama setiap umat manusia didunia ini.

Google mendapatkan data dari search engine, bagaimana dia bisa tahu apa yang sebenarnya orang cari. Lebih jauh lagi saat ini hingga sampai ke lokasi dimana orang tersebut mencari. Data itulah yang disuguhkan untuk para pengiklan.

Google mendapatkan data dari email, text yang kita terima tentu dibaca olehnya. Walau langsung untuk memata matai karena mata matai itu gak ada duitnya. Tak perlu kaget kita sering mendapatkan email didasboard email kita sendiri. tentu jika kita sadar, iklan itu akan berkaitan dengan hal apa yang sering kita terima, kita baca dan kita kirimkan.

Google mendapat data dari blogspot, tak perlu repot2 untuk mendapatkan data trefik yang masuk jika banyak yang menggunakan blogspot. bahkan dulu blogspot langsung bisa terintegrasi dengan Adsense.

Google mendapat data dari Google analytics, ini juga hal keren yang google lakukan. Bagaimana secara simbiosis mutualisme kita mendapatkan sebuat tools keren untuk melihat statistik hingga sampai ke lokasi, hp yang digunakan, profeder apa yang digunakan visitor kita. Ya timbal baliknya ya data itu tentu Google sodorkan untuk adverteser atau bahkan kita sendiri yang akan langsung mengeksekusi iklan menggunakan data yang kita peroleh.

Google mendapatkan data dari Google Map, ini menurut ane juga hal yang sangat luar biasa. Bagaimana dunia bisa dipetakan secara cuma-cuma. Gang sempit buntu bahkan jalan searah pun dia tahu. Tentu ini dipetakan dengan cuma cuma selama kita menggunakan aplikasi google map atau menggunakan android kemana2. Trefik macet pun sebenarnya secara logika adalah banyaknya manusia yang menumpuk dalam satu waktu mengunakan apps map dan menggunakan android. Ya logika sebenarnya hanya sesimpel itu.

Google mempunyai Google Doc, ane tidak tahu secara langsung tentang iklan diranah ini. Namun ane sering menemui beberapa kasus ketika menuliskan sebuah paper atau tulisan rangkuman atau curhat atau apalah di Google Doc. Sesekali setelahnya iklan yang akan kita terima terkaid dengan produk disebagian topik utama yang sedang kita tulis.

Google punya Youtube, Ya apalagi youtube lebih dari TV .. BOOM. Perlu kalian tahu bahwa Youtube saat ini adalah Search Engine Nomor 2 setelah Google.com itu sendiri. Yang internal mungkin data user dari email adalah data yang paling mudah disinkronkan, Usia kita, Jenis kelamin, lokasi dll dll. Ya makanya kalau kita melihat statistik YT bisa nemu data itu semua. Data trends, search dll dll juga pasti gurih untuk menjadi target pengiklan

Google punya Browser, chrome bagi ane salah salah satu aplikasi terbaik google dalam sudut pandang marketing. Ane cukup heran kenapa Firefox tidak membuat search engine juga ketika bertahun – tahun setelah kemunculannya sampai akhirnya google membuat chrome dia tidak melakukan hal itu. Karena bisa dibilang dulu browser merupakan sedia pertama yang akan orang buka untuk mengakses informasi di internet diluar aplikasi chatting pastinya. Juga ketika opera hampir menguasai market mobile saat itu dari jaman simbian. Hingga pada akhirnya menurun saat android mulai murah. Internet explorer yang agak mending dengan bing nya bahkan menguasi di market user awam samai saat ini. Tapi mungkin Microsof sudah cukup kaya dengan Windows, Offies dan banyak paten yang dia punya jadi tidak mengarah ke arah sini. Dan orientasinya mungkin lebih ke infrastruktur #IMHO . Coba Microsoft Edge bisa jalan dibawah windows 10 mungkin pasar mereka akan banyak, tapi mungkin karena orientasi mereka kedepan jadi mungkin memang akan mencoba memaksa usernya menggunakan OS terbaru dan tidak lagi mengurusi user2 os lama apalagi XP :mrgreen: , memelihara user besar yang tidak ada duitnya memang berat.

Google memiliki Social Media, data yang ada disini sebenarnya juga banyak, namun jika dibandingkan dengan Facebook, Twitter dll dll tentu Google tidak ada apanya. Bahkan sebagian Social Media yang dia buat juga gagal. Sebenarnya cukup menarik jika berandai Twitter bisa mereka beli :mrgreen: . Jack Dorsey sang pembuat blogspot yang mereka akusisi mungkin akan reuni produknya dibeli Google lagi :mrgreen: , Medium nya Jack Dorsey pun menjelma seperi social media dengan komunitasnya yang hampir seperti Tumblr. Ane merasa hanya diranah social media saja Google gagal dengan semua produk yang dia buat sendiri. Google duo pun tidak begi greget. Bahkan Google pun lebih sering memberi informasi di Twitter dan facebook. Agak konyol tapi mereka mencoba realistis. Data pengiklan atau lalu lintas iklan yang saya terima lewat G+ pun sangat jarang.

Google punya Forum, sebenarnya Google itu punya Google Group. Dulu awal-awal masih rame walau penggunanya rata2 memang orang2 yang lebih paham dunia internet. Forum ini juga memang menjadi salah satu perjalanan internet sampai saat ini. Peralihan dari masa MIRC dll ke browser biasanya langsung mencari forum saat itu ( dalam kasus ini ane sendiri ) .  Ane masih ikuti beberapa group ( lebih tepatnya masih mendapatkan notif dan jarang ane buka ) group linux lebih tepatnya :mrgreen: . Isu2 yang trending, hangat atau menarik tentu akan menjadi muah mereka dapatkan sendiri datanya.

Google punya OS. Android bisa ane bilang adalah refolusi semua. Tidak terkecuali Google. Dimana dia mempunya aset yang lebih hidup dan berjalan. Microsoft mungkin bisa mempengaruhi pikiran orang seluruh dunia bahwa tampilan paling atas kanan itu menu file dan paling ujung itu about. Tapi Google memiliki sensasi yang hampir sama ketika orang menggunakan Windows sama perti membuat orang terbiasa dengan tampilan Google.com dan Gmail dimana selain menggunakan aplikasi itu walau fungsinya sama atau lebih kita akan merasa dibuat merasa aneh. bayangkan lagi jika di OS itu orang menuliskan kontak monor HP dll. Apalagi jika sudah terpasang semua apps mereka dari Mail, Map, Intertaimen, Bowser dll dll. Data itu bisa mereka tambang setiap detik.

Google mengeluarkan HP, ini juga lumayan keren lagi dengan semua hal diatas yang ane sebutkan include didalamnya

Google mengeluarkan dongle TV, Google sempat mengeluarkan Chromecash sebuah dongle dimana kita bisa mengakses Intertaimen secara cuma2 walau ada yang bayar juga. Cukup menggunakan alat itu dan terkoneksi internet. Kamu harusnya paham data apa saja yang bia google ambil dari alat itu :mrgreen:

Google mengeluarkan speaker Bluetooth. Google Home adalah produk smart speaker Bluetooth dimana apapun yang kita ucapkan akan dicarikan oleh google. Bahkan alat bisa bisa terkoneksi ke beberapa berangkat. Apa yang sering orang tanyakan tentu akan terekam menjadi data, orang2 atau obrolan kita pun mau tidak mau bisa dipastikan akan terekam. Karena logika ane, selama ada alat dimana bisa menerima input data berarti dia secara logika bisa menyimpan apa yang dia terima atau bahkan mendistibukan apa yang dia terima keluar.

Intinya sih masalah privasi itu taik kucing jika kalian menggunakan salah satu atau  semua dari produk yang google miliki. Lebih baik memang sadar diri menahan data kita kita umbar, entah hanya foto anak, update status atau hal2 lainnya.

Namun jika kita perpolapikir sebagai seorang marketer, tentu ini peluang. Karena sebenarnya banyak data yang akan kita dapat untuk kepentingan promosi. Kerjaan kita sekarang beralih next step ke riset data bukan melulu riset mencari data. Kena riset data ? agar tidak boncos saat beriklan.

Untuk masalah Files Go ini ane sangat2 terkejut dan wow. Bukan terkejut dengan apps yang Google buat. Karena ane sudah sedikit tahu data apa saja yang bisa dibawa oleh sofware atau apps cleaner. kalian pasti gak akan bisa bayangin kenapa CCleaner bisa bertahan sampai saat ini. Rata2 apps cleaner itu bisa mengakses cache, log, historys hal2 yang penah kita buka. bagia sebagian orang mungkin itu dianggap sampah, tapi bagi sebagian orang itu adalah harta karun yang luar biasa. Belum lagi bisa mengakses file gallery dan semua file multimeda kita. Foto, video, documen dll dll. Ane yakin mereka semua tidak akan mengambil semua data itu hanya ingin memanfaatkan iklan apa yang releted dengan apa yang yang kita simpan. Kalian mungkin jarang heran ketika mentimpan gambar HDD, Laptop dll terus suatu saat FB kalian tampil iklan yang releted dengan gambar itu ? 😛

Artikel ini sangat cocok jika dihubungkan dengan artikel2 ane yang berhubungan dengan data dibawah ini. Serius menarik sekali buat dibaca untuk sekedar tahu atau bahkan kalian tercetus ide dengan apa yang kalian baca diartkel ane dibawah ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s