Bug Cloudflare Pointing Domain


 

Jadi seperti ini, salah satu website saya mendadak dipointing ke hosting lain dengan tampilan domain tidak berubah. Engine website kebetulan menggunakan wordpress. Saya udah mencopa masuk ke server melakukan cek log dll namun hasilnya memang nihil dari paya masuk selain ane di server ane tersebut.

Kecurigaan bahwa itu adalah pointing adala ketika ane view source terdapat direktory /template difolder public yang notabenya jika kita menggunakan WordPress maka folder yang ada pasti hanya Wp-conten , Wp-admin, Wp-includes . Nah ane makin bingung karena folder template yang ane cari tidak ada. Dan lebih meyakinkan lai bahwa itu adalah pointing adalah karena core Website tampilan paling baru bukan menggunakan WordPress. Namun sempet bingung karena ketika di whois NS masih mengarah ke Cloudflare. Dan juga index.php sudah ane coba rename hasilnya juga website masih bisa diakses normal. kerugiaan awal karena ada get yang di enkripsi ane kira itu yang dia masukkan untuk mengalihkan tampilan. Tapi kenyataannya juga bukan.

Udah pusing search script yang siapa tahu disusupi masul sell atau trojan atau apa ternyata juga hasilnya nihil. Dan setelah ane pointing ulang, dengan mendaftarkan lagi domain tersebut ke Cloudflare .. tara website kembali normal.

Pelajaran apa yang bisa diambi dari kasus ini ?

Pertama adalah selalu cek email cloudflare. Karena memang sesekali cloudflare itu membutuhkan kita memferifikasi apakah domain tersebut masih aktif atau tidak dll dll.

Nah celakanya ternyata gini.

Ketika kita lupa memferifikasi email tersebut, dan ternyata ada orang yang iseng membuat akun cloudflare maka hasilnya dia akan dengan mudah mengarahkan IP cloudflare ke Server tertentu. Karena ternyata ketika kita mendafarkan ulang kembali website kita dengan akun baru maka NS Cloudflare yang kita dapatkan itu sama dengan NS Cloudflare diakun sebelunya. Dan NS lama itu bisa dichek di Whois dan ternyata cukup membuat akun baru itu maka Default pilihan NSnya juga sama. Jadi tinggal munggu hitungan menit aja ketika sudah kita isi IP maka website akan terpointing ke Server baru dengan NS cloudflare yang masih sama. Jadi logikanya. Kita tidak perlu masuk ke CPANEL Domain untuk melakukan ini. Karena sudah dipastikan NS CPANEL Domain pasti sudah terisi NS Cloudflare. Intinya sih disitu. Moga paham dengan apa yang ane jelaskan.

 

Leave a Reply

