Mindset : Tentang Startup, Produk, Pondasi dan Hedon Kantor Seperti Google


Tidak tau kenapa hal ini selalu menggelitik ane, tentang sebuah Startup, Produksi, Pondasi sistem dan semua yang menginginkan kantor seperti Google. Buat ane hal seperti ini lucu aja sih. Apalagi jika membangun menggunakan dana investor dll.

Sebenarnya semua itu mudah, apalagi jika sudah memiliki dana. banyak kasus startup malah tidak berkembang padahal ada cukup dana ( modal ) untuk berkembang. Dan khusus di Indonesia yang banyak ane lihat adalah tidak adanya pondasi sistem yang kokoh untuk terlebih dahulu dibuat.

Hal konyol ini juga menyerang startup yang dalam ranah produksi barang. alau sebenarnya kata startup sendiri menurut ane selalu terlalu tinggi dan tidak sederhana dari pada kata merintis usaha walau sebenarnya semua tidak jauh beda sebenarnya.

Merintis usaha yang tidak memikirkan pondasi sistem yang kokoh dan selalu berharap memiliki kantor seperti Google. Kadang tidak pernah berfikir bahwa mereka semua, Google, Amazon, Paypal, Apple, Facebook, Alibaba semua beranjak dari benar2 memanfaatkan apa yang mereka punya. Dari SDM yang tadinya juga sang owner yang turun tangan, tempat yang awalnya dari rumah sendiri atau gudang. baru beranjak melangkah ke lebih bagus ketika benar2 sudah besar dan merasa kualahan.

Ketika dapat dana investor yang didapat lewat picing ide, buka bagaimana pondasi yang utama yang harus disusun tapi. Gimana caranya nyari kontrakan yang fasilitas seperti Google yang nantinya untuk membahas pondasi.

Orang lupa sebenarnya tujuan awal atau utama itu membuat produk bukan kenyamanan diri sendiri dulu. Walau kenyamanan tempat kerja itu penting. Namun mereka mungkin bisa tidak tahu bagaimana kerennya Automattic nya Matt Mullenweg yang  semua karyawannya kerja remote. Bahan Automattic menutup kantor mereka yang nyaman seperti Google karena sepi. Bayangkan berapa kost pengeluaran yang mereka hemat. Dan semua bukan karena mereka ngirit atau tidak memiliki uang untuk membuat itu semua. Stikma kelihatan wah dan malu dengan kelihatan merintis ane rasa sudah menjadi mindset seseorang khususnya orang Indonesia.

Yah ane juga memiliki Startup walau ane lebih seneng disebut usaha yaitu NGONOO.com dan GOOWES.co . Bagaimana juga bisa tetap jalan dengan tempat seadanya bahkan sekarang full semua remote.

Apasih hal utama sebenarnya yang harus dikerjakan ketika membangun usaha ( Startup ) ?

Pondasi Sistem yang kuat, dimana kita memikirkan alur usaha, bisnis, marketing, produksi, penjualan dll dari awal. Apalagi jika usaha kamu cuma jualan barang entah itu tas, sofenir, fashion dll.

Setelah semua pondasi jadi tinggal mikirin siapa yang akan menempati post2 tersebut. Jika memang ingin menghemat barang kenapa kita tidak mengambil salah satu bagian didalamnya ? Semua yang besar itu pada mulanya membangun dengan tangan mereka sendiri.

Jika tidak harus mempunyai karyawan yang ngantor setiap hari kenapa harus mengalokasikann uang untuk menyewa kontrakan yang supermahal dengan fasilitas seperti google ? apakah itu semua akan berdampak panjang selain menjadi pujian wah temen seprofesi ?

Uang uang bertebaran dari investor startup dari yang ratusan juga sampai milyaran hanya zonk tidak ada yang benar2 menjadi hasil. Bahkan sebagian tanpa hasil sama sekali. Kok bisa ya ? ane juga heran sampai saat ini.

Kenapa para penjual ide itu tidak pernah melihat bagaimana perjuangan Apple, Microsoft, Amazon, Alibaba, Harley, Disney, Martel, Facebook saat benar benar hanya bermodal keahlian yang mereka miliki. Bahkan konyol ketika uang investor itu juga digunakan untuk gaji fondernya sendri. Hahahaha ane sunguh tidak habis fikir. Dan terkadang ada yang bilang ” sing penting damur e aman sikek bero” “sing penting ngamank dapur sik bero” lah gimana caranya polapikir seperti itu dalam membangun sebuah usaha.

Hahahaha dan komyolnya sudah mendapatkan modal yang lumayan besar masih tidak menghemat atau salah memilih orang yang tepat mengisi post fital, tapi bangga ketika memiliki kantor yang seperti Google

Artikel lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s