Kaskus Cuma Dapat Pahala disaat Yang Lain Menggurita


Mungkin seperti judul itu untuk menggambarkan kaskus saat ini, saat tidak ada inofasi dan malah menjadi inspirasi banyak penggiat online dinegeri ini. Kalau boleh ane bilang. Kaskus adalah pioner dari segala macam bisnis online di Indonesia.

Kaskus adalah salah satu komunitas besar yang hampir menjadi inspirasi dan ide2 starup di Indonesia. Disaat FJB nya mulai besar, mereka tidak lantas membuat engine untuk lebih memudahkan dan akhirnya malah dengan cerdarnya Bukalapak mengambil momen itu.

Bukalapak dengan cerdasnya mengambil trefik lewat Kaskus dengan memberikan script code vbulletin agar user bisa memposting barang yang mereka jual di Kaskus. Jadi Bikin thread di Kaskus Jual Beli dan akhirnya pmbeli akan dilempar ke Bukalapak untuk membeli. Hampir setahun lebih dulu ini terjadi yang akhirnya mereka baru sadar dan lantas mendirek url Bukalapak ke Tutuplapak.

Sebelum itu pun, kaskus tidak lantas memberankan diri membuat sistem pembayaran mereka sendiri untuk memberikan rasa aman dan nyaman dimana malah diera banyaknya penipuan online di Kaskus malah solusi dipecahkan oleh user mereka sendiri dengan membuat rekber. Dengan trefik yang saat itu sangat wah dan mungkin harga iklan di kaskus saat itu masih lumayan mahal ane tidak habis fikir kenapa mereka tidak mengambil langkah untuk membangun aset mereka.

Disaat Bukalapak mulai naik agak lama baru mereka membuat hal itu. Dan lagi2 Bukalapak meniru membuat sistem rekening untuk membuat user lebih aman dan nyaman, Bukalapak ane rasa adalah contoh sebuah berusahaan yang besar dari memanfaatkan masalah yang terjadi di perusahaan lain dan mereka membuat solusi atas hal itu.

Bahkan sampai saat ini dimana engine forum memang sudah tidak dianggap pas lagi untuk berbisnis jual beli barang2 fisik kaskus masih tidak mau merubah itu. Padahal menanggung server untuk user indonesia yang tidak ada duitnya itu sangat menyesakkan.

OLX pun sebenarnya hanya mengambil sedikit masalah dari FJB dengan lebih fokus ke regional dengan sistem COD nya. Bahkan bisnis COD pun hanya sekedar melihatkan barang pun sangat laris beberapa tahun silam.

Jasa kurir pun dulu yang dibuat oleh membernya juga lumayan laku, saat TIKI JNE tidak semudah saat ini hanya Post yang menjadi andalan saat itu. Bisa dibilang lagi TKI JNE benar benar menjadi besar dan menjadi sampai saat ini menjadi andalan untuk pengiriman barang2 online ya ane rasa berawal dari Kaskus juga.

Untuk yang mainan SEO mungkin paham bagaimana dulu hampir setiap keyword berhubungan dengan barang selalu diakhiri dengan kata Kaskus. Namun sekarang semua itu hampir tenggelam. Dan ane yakin dalam sebulan ini ane rasa kalian gak nyampe 2x buka Kaskus, se senior apapun kalian dulu di kaskus :mrgreen:

Ane sih merasa memang heforia kaskus dulu memang makin lama makin hilang, Ya mungkin karena stagnan tidak ada inofasi juga lebih banyak kompetitor yang satu niche atau irisan dari niche2 yanga da itu mulai sangat2 banyak bermunculan dan mungkin lebih memiliki ide yang liar yang langsung di implementasikan.

Kaskus saat ini benar benar mengalamai kebingungan arah mau ke media atau forum. Atau ke jual beli. Kebingungan itu sendiri karena sekarang cukup jelas orang untuk memilih media kalau mau sekedar baca2 ya dimana kalau mau jual beli cari barang ya dimana. Jadi kalau seperti kaskus saat ini mengambil keduanya dan itupun masih dalam status nanggung sistemnya ya akan seperti saat ini. Padahal jika dulu mengambil keputusan untuk ini itu mungkin ceritanya akan lain.

Ya akhir kata, Kaskus telah menjadi amal jariah saat ini dan mungkin mendapatkan banyak pahala atas inspirasi yang tidak mereka kerjakan dan dikerjakan oleh orang lain. Dan jujur tulisan ini sudah menjadi draf di wordpress ane hampir 2 tahun lalu dan masih relefan sampai saat ini dan masih tidak ada perubahan dengan Kaskus Djarum nya.

Cendol gan :mrgreen:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s