Mahasiswa Indonesia Ciptakan Pembangkit Listrik Dari Suhu Panas


penemuan-mahasiswa-indonesia-riset-mahasiswa-generator-termolistik-peltier-tanoto-foundation-sukanto-tanoto

Berbeda dengan teknologi yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi sebagai pembangkit tenaga listrik mahasiswa Indonesia asal Universitas Sumatera Utara bernama Jerry Halasson Simanjuntak ini cukup unik. Secara menakjubkan, ia bisa mengubah suhu panas dari sinar sang surya menjadi generator termolistrik.

Pembangkit listrik buatan Jerry memanfaatkan sinar matahari menjadi suhu panas yang akhirnya diubah menjadi listrik. Cara kerjanya sedikit berbeda dengan panel surya yang mengumpulkan cahaya matahari pada titik tertentu untuk menghasilkan panas. Alat yang dikembangkan Jerry memanfaatkan udara panas yang dialirkan di antara pelat-pelat aluminium buatannya. Sinar matahari dikumpulkan dengan alat fokus ke sebuah pelat aluminium. Suhu panas di dalamnya akhirnya ditangkap oleh alat bernama peltier yang telah terhubung dengan kabel untuk mengalirkan listrik.

Peltier adalah sebuah lempengan alumunium kecil yang dapat menghasilkan listrik saat ada arus panas dan dingin bertemu. Seberapa banyak listrik yang dihasilkan, tergantung terhadap jumlah peltier tersebut dan intensitas radiasi matahari.

Inovasi Jerry merupakan buah dari kegiatan Tanoto Foundation yang tidak hanya memberikan beasiswa, namun juga memberikan bantuan riset pada para mahasiswa. Jerry merupakan salah satu dari sekian banyak peneliti muda yang mendapat dukungan dari Tanoto Foundation.

Tanoto Student Research Award sudah dimulai sejak tahun 2007. Praktiknya ialah pemberian dana hibah sebesar Rp100 juta untuk sejumlah perguruan tinggi. Dana tersebut kemudian dimanfatkan oleh para universitas dan mahasiswanya untuk menemukan sejumlah inovasi dari para peneliti muda.

Tanoto Student Research Award merupakan salah satu kegiatan Tanoto Foundation. Didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, Tanoto Foundation bertujuan menjadi pusat unggulan dalam penanggulanan kemiskinan melalui tiga pilar kegiatan yaitu Pendidikan, Pemberdayaan, dan Peningkatan Kualitas Adapun Tanoto Student Research Awards adalah upaya Tanoto Foundation dalam mendukung tumbuhnya minat para orang muda Indonesia dalam melakukan penelitian yang aplikatif.

Hal itu dirasa diperlukan karena Indonesia masih sangat kekurangan para periset andal. Menurut data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia hanya ada 7.063 orang peneliti di Indonesia pada tahun 2013. Angkat tersebut menunjukkan bahwa Indonesia masih membutuhkan sekitar 200 ribu orang periset lagi.

Padahal, keberadaan peneliti berbanding lurus dengan daya saing sebuah bangsa. Semakin banyak periset di suatu negara, kesejahteraannya juga semakin tinggi. “Kami tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan, tapi kami ingin mendukung generasi muda Indonesia menjadi pemimpin-pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke era yang lebih baik lagi,” kata anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto.

Riset yang dilakukan Jerry untuk menghasilkan generator termolistrik hanya sebagian dari buah kegiatan Tanoto Foundation. Hingga kini, tak kurang dari 303 penelitian mahasiswa Indonesia yang didukung oleh Tanoto Foundation dan semuanya diharapkan bisa menjadi solusi bagi beragam masalah bangsa.

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab1 Comment

One thought on “Mahasiswa Indonesia Ciptakan Pembangkit Listrik Dari Suhu Panas”

  1. Jika ingin melakukan penelitian dengan dana hibah, bagi universitas lain apa bisa melakukan pengajuan atau bagaimana prosedurnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s