Sedikit Membahas Agama


Boleh dibilang ane bukan orang yang bener2 saklek, sholat pun kadang masih bolong namun untuk terus belajar dan memahami agama selalu ane lakukan setiap hari walau hanya dengan meluangkan waktu 30 menit. Dan ane bukan orang yang suka membaca namun sangat suka menulis. Pembelajaran dan ilmu yang ane dapatkan sedikit banyak datang dari diskusi, obrolan dan googling di Youtube. Namun untuk hal yang sangat sederhana hanya membutuhkan 2-3 baris code name tetap googling via web.

kembali lagi ke masalah Agama, 3-4 tahun ini yang hampri sering ane ikutin adalah Cak Nun, Ust. Khalid Basalamah Nama lengkap: Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Serta Syekh Ali Jaber dan cendekiawan dari Hafid tv dan Bali Berdahwah yang memang lebih kekinian dengan jiwa muda.

Dari 3 cendekiawan diatas ane akan menjabarkan menurut versi ane dan yang ane rasakan saat ini. Pada dasarnya tidak ada yang lebih baik semua sangat baik.

Cak Nun

Image result for Cak Nun

Cak Nun lebih dikenal dengan Maiyahnya memang sangat guyub, ane dulu hampir tidak pernah absen nonton. Hanya orang yang mau lebih berfikir jika ingin mengikuti Cak Nun. Karena banyak sarkas dan pisuan nya jika kamu tidak orang yang mau berfikir dan terlalu spaneng mungkin akan jadi struk kalau melihat Cak Nun.

Dari sisi Agama Cak Nun memang banyak menjelaskan tentang Islam Nusantara, Islam adalah pembelajaran dan lebih universal lah, Maka dari itu banyak orang non muslim juga suka mendengarkan dia berbicara karena memang topik yang dibicakan lintas Agama walau sebenarnya dia membicarakan tentang Islam. Buat kamu yang lagi mau berbuat baik punya ingin jadi orang pener dan bener mungkin bisa diawali dengan mengikuti semua kajian atau topik2 yang Cak Nun sampaikan, di Youtube banyak.

Ust. Khalid Basalamah

Image result for Khalid Basalamah

Ini juga Ust. idola ane sampai saat ini, walau ada beberapa pemikirannya beliau yang ane kurang sepaham dalam menyampaikan walau ane tahu niat yang ingin dia sampaikan. Jika kamu ingin belajar islam yang sesungguhnya islam yang benar murni dan banyak sunah nabi, Ust. Khalid Basalamah ini rekomendet banget untuk di ikuti,

Dia juga bukan Muhammadiyah atau NU namun ya benar benar ajaran islam sesuai apa yang telah Nabi ajarkan, Bahkan hal hal sunah nabi juga kerap dia jelaskan.

Syekh Ali Jaber

Image result for Syekh Ali Jaber

Nah ini  Syekh Ali Jaber yang paling sering ane ikutin video video nya. Beliau juga bukan Muhammadiyah atau NU memang mengajarkan Islam yang masih murni namun masih sedikit memiliki pluralisme atau eman sipasi atau tetap menghormati orang2 yang memiliki pemikiran lain. Cenderung lebih kalem. Bisa dibilang sih  Syekh Ali Jaber ini gabungan antara Cak Nun dan Khalid Basalamah.

Kesimpulannya:

Kenapa ane mengikuti 3 cendekiawan atau lebih yang hampir memiliki cara penjelasan berbeda ? Tujuan ane sih agar ane bisa membandingkan. Ane termasuk orang yang kritis, tidak cukup hanya dengan menggunakan 1 sumber. Apalagi itu bukan hal yang yang kekal dan masih bersifat persepsi penjelasan seseorang akan satu sumber. Lagi lagi ini Mindset. 1 Ayat yang sama akan memiliki persepsi yang beda dan jika kita jarang atau bahkan malas membandingkan maka kita hanya akan mendapatkan 1 jawaban yang itu yang akan tertanam terus diotak kita.

Jujur peran internet sangat membantu ane dalam hal pemahaman Agama. Ane hidup dikeluarga yang wajar pemahaman islamnya, Bukan di lingkungan pondok atau apalah. hanya mendapatkan pelajaran agama sedikit dari orang tua ane dan sedikit lagi dari guru agama di sekolah serta Pak Sugeng, salah satu pemuka Agama di Kampung ane. Jadi hingga trend Internet dimana sumber informasi lebih banyak lagi membuat ane memiliki pengetahuan lebih. Lebih dalam artian .. oo ternyata yang gitu itu ada juga.

Jika kalian mau belajar dan cari tahu maka jika yang kalian lalukan selama ini ternyata kurang tepat maka kalian hanya akan membatin …. jadi selama ini ngapain.

Mulai dari hal yang sangat sederhana ajalah, tidak usah yang terlalu berat. Seperti adap mengetuk pintu, cara kencing yang benar, cara wudhu, membaca al fatihah yang benar, solat hanya membaca al fatihah tanpa surah pendek itu juga sah. Dan tanpa membaca al fatihah maka sholat seseorang tidak sah dll dll.

Dulu sebelum tahu, wudhu itu kebiasa dengan air yang mengalir padahal Nabi hanya berwudu dengan air segayung dan bahkan ada ustad di madinah yang mencotohkan berwudu dengan benar hanya menggunakan 1 gelas. Hal hal seperti ini tidak akan kita dapatkan jika tidak mau ingin tahu. Bahkan si era sudah orang berjalan sendiri sendiri untuk mencari guru dalam belajar agama sangat susah. Adanya internet ini sangat membantu.

Namun memang dibutuhkan jiwa pembanding informasi dan mungkin filter diri. karena jika salah menafirkan dan tampa mau ingin mencari sumber lain maka jika ndilalah itu kirang tepat maka apa yang kita ikuti itu juga akan malah menjerumuskan kita ke fanatisme dll.

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab3 Comments

3 thoughts on “Sedikit Membahas Agama”

  1. Keren mas idolakuuu..

    Aku belajar agomo soko bapakku soale emang bapakku wong pondokan dan pendidikan agama islame didapat dari kuliah sarjana dan mondok dadi ilmu agomone wis tingkat tinggi. kolleksi buku agomone kandel2 enek akeh kitab sing aku ora ngerti soale hurufe arab gundul hwhehehehe.

    Kebetulan keluargaku keluarga sing saklek. Dadi mbakku, masku 1, masku 2, sekolahe ndik MAN, kuliahe ndik IAIN, STAIN, pokoke bab agomo kabeh. Aku tok sing kuliah ndik bidang umum. Mangkane aku sing haitek dewe sak keluarga hahahaa

    Anehnya, dengan pendalaman agama yg dalam, justru keluargaku malah sangat sangat moderat.

    Nek panutan online ku panggah Anwar Zahid! Cak Nun sesekali ndelok, soale aku sepaham karo Cak Nun juga sih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s