Tentang Tuk Umbul Rejowinangon, Situs Warungboto Sekarang


Ane bener bener terkejut dengan foto tuk umbul rejowinangun atau kalau sekarang lebih terkenal dengan nama Situs Warungboto. Masa kecil ane lumayan sering main ditempat ini. Entah sekedar mainan air, nekeran atau ya cuma tetek aja. Ane punya banyak teman masa kecil didaerah sini. bahkan ada yang rumahnya persis depan tuk umbul. Ane tidak tahu apakah dia masih disana atau tidak, mungkin hampir 18 tahun gak bertemu lagi.

Semua juga tahu tuk umbul Rejowinangun ini adalah sebuah petilasan milik Kraton yang tidak jauh dari Gembira Loka yang juga merupakan kebun binatang milik Kraton. Di Situs Warungboto ini juga ada mata air yang dipercaya. Namun tidak tahu apakah sumber mata air ini sekarang masih mengalir atau enggak. Secara kampung ane kusumanegara untuk gali sumur aja sekarang harus sangat dalam karena air udah kesedot hotel hotel yang mulai memenui seputaran kusumanegara.

Lokasi ini juga tidak begitu jauh dari Kali Gajah Wong, dimana kalau ngomongin sejarah banyak cerita dari Kali Gajah Wong ini tentang Alas Mentaok, Kyai Dwipangga dan Ki Kerti Pejok. Serta Prasasti Watu Gajah. Cerita cerita itu yang dari kecil selalu diceritakan simbah.

Pertama sih ane mengulas ini jujur karena hari ini heboh foto anak alay foto di Pesanggrahan Era Hamengku Buwana II ini. Terus kaget dengan bentuknya sekarang terus googling deh.

Dasar Mental Tempe Cuma untuk Cari Gambar yang Mereka Anggap Keren Situs Warungboto Diinjak injak Halaman 2 Tribun Jogja

Kurang lebih diatas itu foto yang lagi heboh didunia maya saat ini, ane mencoba googling lokasi tuk umbul yang sekarang emang jauh berbeda jujur ane udah hampir 1 tahun tidak lewat Jl Vetaran karena memang selepas pindah kantor di bantul jadi jarang lewat sTentang Tuk Umbul Rejowinangon, Situs Warungboto Sekarang Tentang Tuk Umbul Rejowinangon, Situs Warungboto Sekarang situs warugboto Tentang Tuk Umbul Rejowinangon, Situs Warungboto Sekarang

Dari ane kecil dulu ya bentuknya seperti itu, sumber foto dari google. Gak jauh berbeda sampai mungkin ingatan ane terakhir dulu pas masih kecil main kesini. Lokasi rumah ane juga gak ada 1 KM dari sini.

situs warungboto via Instagram totohandoko situs-warungboto-via-Instagram-@budishol

Dan diatas adalah penampakan tuk umbul rejowinangon warungboto saat ini dari Instagram , dan dari hasil googling memang ternyata dari bulan mei nan atau bulan 5 baru mulai dibangun atau pugar kembali dan akan diperkirakan resmi dibuka bulan desember. Tapi memang keren netizen foto yang alay, udah bisa aja foto dilokasi iki :))) , Kalau dilihat memang hampir sama seperti di tamansari. Ya karena emang fungsinya jaman dulu juga sama.

PEMUGARAN SITUS WARUNGBOTO ANTARA Foto

BANGUNAN CAGAR BUDAYA Pesanggrahan HB II Dipugar Situs Warungboto “Dihidupkan” Kembali Jogjapolitan » Harian Jogja

Kalau yang sering ane lakukan disini beberapa tahun silam adalah beli es doger atau es bandung di depan petilasan ini. Ada es doger yang lumayan enak buka siang sampai sore.

Yang belum tahu juga bahwa samping lokasi tuk umbul ini adalah kuburan, yang menurut cerita dari ane kecil ya lumayan wingit. Dulu sempet heboh disini kejadian dimana becak bisa naik diatas beteng bangunan ini. jadi tuk umbul ini punya satu beteng yang agak dekat dengan jalan raya dan lumayan tinggi, nah diatas situ mendadak ada becak. Dulu heboh pagi pagi sampe berita itu nyebar kemana mana dan ane juga sempet lihat sendiri becak itu. Menurut cerita dulu jadi ada tukang becak nganter orang nah yang dianter itu suruh nganterin kerumahnya. ( jadi yang naik becaknya itu demit atau hantu yang suruh nganterin kerumahnya ya di petilasan atau dikuburan tuk umbul itu ) singkat cerita akhirnya dia baru sadar bahwa yang memesan becaknya itu demit dan rumag megong yang da didepannya itu ya kuburan dan tuk umbul itu dan baru sadar becaknya temangsang di atas bangunan itu, berarti semalem dia mungkin melayang mengayuh becaknya.

Juga memang daerah JL Veteran ini sangat sepi kalau malem hinggah ke arah  perempatan pabrik SGM, apalagi 10-15 tahun lalu dimana belum ada kampus UAD, bahkan kampus STIYO dan ABAYO masih sepi banget kmpusnya dan belum bergabung. Sekarang walau sepi tapi mending udah bayak banget lampu dan warung burjo. Utara tuk umbul ini juga ada nasi goreng lumayan enak kalau malem.

warung-boto-1935-1-696x1111

Dan Bayangin itu tuk umbul Warungboto tahun 1935. Yang didepan pohon kelapa didepaan itu jelas Jl Veteran dan gimana bentuk Jl veteran kala itu, mungkin kayak jalan lebar didesa:mrgreen:

Mungkin segitu dulu cerita ane tentang Tuk Umbul Rejowinangon, Situs Warungboto. Besuk kalau ane kesana lagi untuk pertama kalinya setelah 18 tahun lebih cuma sliwar sliwer gak masuk, ane akan tulis diblog.

Kalau bisa ane gabungkan  dari hasil  cari cari foto kurang lebih seperti ini,

situs warungboto rejowiangun

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab4 Comments

4 thoughts on “Tentang Tuk Umbul Rejowinangon, Situs Warungboto Sekarang”

  1. Tahun 2012 kepungkur SPSS wis tau dolan merene Ba. Njuk umbul e nggilane kae wujud e lumut tur sampah kabeh. Saiki wujudne apik malah jadi panggon foto-foto cah2 nom.

    Mung, sing aku rodo piye kae larangan berbuat musyrik kae lho. Eh, mung Ki Ageng kan dudu muslim yo, dadine meh mbakar dupa yo keno. :p

  2. Kayak e aku pas ora melu kae :))
    Iyo secara dadi apik koyo saiki aku seneng jane, timbang mbiyen rajelas sing arep disawang opo. Mung kadang sing tidak habis pikir sing do sehedon kui ono tempat anyar dan kayak e durung diresmekke :)). Iki bar postingan iki nang twitter akeh banget sing takon aku lokasine ngendi :)))
    Masalah musyrik kui cen lucu jane larangane. Kui paling sesok rame meneh nek wengi go golek nomer :))

  3. Ane es otra palabra de mí
    Es un antiguo edificio histórico desde 1700, no se habían mantenido y ahora han comenzado restaurado y revivió. El impacto es ahora el escenario de una fotografiado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s