Mindset Dana Investor Sebagai Dana Biaya Hidup Adalah Sebuah Kesalahan


Didunia sudah lama tentang banyaknya investor, bahkan yang didunia startup sendiri sudah banyak. Hingga siluar sana sampai dikompetisikan atau bahkan bisa dilombakan bahkan disalurkan. Kikstarter dll adalah contoh kecil yang dia juga tak terbatas apakah itu produk digital atau pun fisik. Karena offline dan online bukan filter lagi. Se online onlinennya usahamu jika itu ada fisiknya pasti akan ada yang beli offline walau tetap dengan perangkat online dan tool online seperti WA, BBM dll. Begitupun se offline offlinennya kamu usaha kamu jika ada sales menggunakan perangkat online itu tetap kamu menggunakan perangkat online. Jadi startup itu hanya fisik dan nonfisik.

Kembali lagi ke masalah investor. Banyak sebagian yang mengganggap dana investor ini sebagai projekan, bahkan sebagian hanya mengganggap biaya itu adalah biaya kita bertahan hidup. Sampai kapan kita bisa bertahan hidup untuk keperluan pripadi dengan dana yang terus diberikan menentukan seberapa lama kita mengembangkan itu. Sebenarnya itu sah2 saja. Namun ane sarankan jika kamu memang memiliki mindset seperti ini mending projekan atau ikut orang lain jadi karyawan, karena memang sejatinya kamu belum siap menjadi pengusaha atau bos.

Yang benar adalah selalu menganggap dana investor sebagai modal dan utang, karena itu yang akan memecut semangat kita untuk mendapatkan lebih dari apa yang mereka inveskan kepada kita. Walau sebagian investor tetap meminta report perkembangan namun juga ada angel investor yang murni ingin berbagi dana untuk kesusksesan orang lain.

Mengganggap uang investor sebagai modal kita untuk membesarkan atau membangun suatu produk adalah cara yang paling tepat untuk mencapai kesuksesan yang lebih. Karena ane yakin. uang yang lebih besar akan datang suatu saat justru bukan dari sana namun dari hasil setelah produk yang kita buat jadi.

Mindset menjadikan dana investor ini juga gak melulu babagan online bahkan yang mainan online pun terjebak dalam mindset itu bukan modal. Sehingga ketika suatu ukm kecil kecilan yang disuntikan dana, Malah berfoya foya dan menggunakan uang itu untuk kepentingan sesaat pribadi, Jadi ketika kebetulan mendapatkan investor yang tegas. Kita malah menjadi berhutang bukannya malah berkembang.

Namun beda kasus ketika kita sudah berusaha untuk mengembangkan namun pada akhirnya memang sulit berkembang saya lebih membahas orang yang ingin bertahan hidup dan benar benar mengharapkan itu semua untuk bertahan hidup.

Apalagi orang orang yang hanya menjual komsep tanpa terlebih dahulu memiliki produk yang memang susah berkembang karena keterbatasan dana untuk produksi atau faktor2 lain yang hubungannya memang membutuhkan dana. Mungkin ini yang membuat kemunculan startup di sini memang sangat singkat, Karena menggunakan rumus.

Dana investasi : biaya hidup = usia startup

Dan ane yakin dunia seperti ini sempit, investor itu tetap jumlahnya terbatas. Ketika kamu tertitik sebagai orang seperti ini sebetulnya kamu malah mematikan rezeki kamu sendiri karena peluang mendapatkan dana itu lagi ketika menjual ide lagi sangat sempit. Dan kamu akan terus memperluas pertemanan dan relasi bukan niatan untuk semakin dikenal dan berkembang namun menjadi peluang lagi dari lingkaran baru yang mungkin tidak saling terhubung dengan lingkaran lama yang telah kamu manfaatkan untuk bertahan hidup.

Tanpa investor pun orang orang cina mau rekoso menunda untuk membeli sesuatu untuk pribadi. Namun orang lebih terpaku pada nominal uang investor yang membuat jika orang sudah banyak yang tahu dengan nilai investor yang kita dapat kita memang harus terlihat besar sama seperti nilai investasi mereka kekita.

Ane salut ketika melihat orang rela memangkas apa yang akan mereka dapatkan didepan untuk kemajuan produk mereka. melihat karyawannya nyaman dengan apa yang akan mereka dapatkan untuk bersama membangun produk hingga suatu saat semua menjadi besar dan mereka mendapatkan melebihi dari apa yang di investasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s