Hanya Orang Malas Yang Mengeluh Tidak Bisa Makan Enak Disaat Lebaran


Ane bisa menyebutkan begitu, se miskin miskinnya orang sampai tidak bisa makan enak dihari idul Fitri itu pertanda orang malas. Padahal tak lebih dari 25 ribu untuk bisa makan enak dihari lebaran. Dan ada banyak cara untuk dapat makan enak dihari itu.

Memelihara Ayam

Ini yang ane lakukan hampir selama hidup. Dimana abah ane selalu membeli anak ayam broiler seminggu sebelum puasa dan memotonya 2 hari sebelum lebaran. Anak ayam broiler itu harganya sangat murah dan gemuknya cepet serta ngasih makannya juga mudah.

Harga ayam Broiler ini kirasan 2500 – 4000, ayam broiler iru ayam kampanye kalau kamu tidak tahu, atau pitik kampanye atau ayam warna warni itu. Abah ane biasa membeli 10-15 biji ketika akan menjelang puasa. Dengan diberimakan sisa makanan kita saat sahur atau berbuka, atau menyisihkan sedikit beras atau yang lebih ngirit lagi kalau ditempat kamu ada kebun kosong, cukup kamu umbar disana saja dia akan mencari makan sendiri. Ya kalau kamu ngerasa miskin dan gak punya duit ya jangan beli 10 beli aja 2-3 yang kemungkinan cuma abis 10.000

Membeli balungan beberapa hari sebelum lebaran

Orang miskin itu gak usah kebanyakan tingkah, jangan sok pingin makan rendang kerbau atau rendang sapi dihari lebaran. Beli aja balungan di tempat jualan ayam dipasar. Pasti ada kalau gak kesiangan. Karena orang-orang tajir dan sebagian warung makan exklusif itu jika membeli ayam suruh ngilangin tulangnya atau palinggak mereka tidak mau bagian tulang kulit dll nya. Dan balungan itu dikemanakan sama penjual ayam Β ? kadang ya cuma dibuang. Kadang dibeli oleh pedagang sate untuk dijadikan balungan. Kadang dibeli oleh tukang bakso untuk kaldu. bahkan yang tingkat besar bisa diborong penjual makanan hewan untuk di giling dan dijadikan sumber makanan.

Nah kamu bisa beli itu tulang ayam atau balungan itu, kamu kasih duit 10.000 saja kamu bisa dapet 1-2 tas kresek itu tulang ayam, Kebanyakan biasanya bagian kerongkongan tulang dada, leher, sayab dan ceker. bagian bagian itu masih enak banget. Bahkan kalau kamu rebus kemungkinan kamu masih bisa mendapatkan daging yang masih menempel. karena pemisahan daging dan tulang dilakukan saat ayam masih mentah sehingga sangat mustahil akan sangat bersih tulang tulangnya dari daging.

Diwarung2 tertentu yang menyiakan menu balungan rica rica, bakungan sate dll. Itu nilai jual 1 krongkongan ayam bisa sampai 3000-5000 padahal kamu membeli 10.000 saja bisa dapet puluhan krongkongan dada ayam. Sebagian orang menganggap seni makan menyusahkan makan balungan ayam itu menjadi sesuatu yang mahal. Ya kamu ppasti tahu harga balungan sate dirumah makan besar, harga ceker diwarung makan mahal, harga tulang sapi diwarung makan itu harganya bisa puluhan ribu. Orang udah ada yang daging langsung makan aja orang masih niat buat nyedot sungsum pake sedotan, mengunyah rulang ayam sampai habis dan masih banyak lagi. Jadi jangan minder kalau kamu cuma kuat beli tulang ayam aja karena miskin, itu makan mahal nilainya.

Ane kasih tahu sementara 2 itu dulu caranya, kalau mau murah lagi tetap mau makan aya ya dateng muter kampung aja pasti disuruh makan deh yakin ane

Sekarang ke tahap pengolahan

Dari bahan yang kalian dapat dari memlihara ayam atau membeli balungan itu kalian cuma ingin membuat olahan apa itu tinggal pilih. Mau dibikin opor, mau dibikin semur, mau dibikin rendang tentu bisa. Untuk bahan ane yakin kalau kalian beli dipasar tidak akan lebih dari 15 ribu. Apalagi beli ditempat uda uda yang jualan bumbu jadi yang sudah digiling itu. bahkan kita rikues mau bumbu apa mereka udah membungkuskan dengan rapi paling cuma 5000 an,

Untuk bumbu lain kalau pun mau beli sendiri ane juga yakin gak akan lebih dari 15.000 . Kara santan saja cuma 2.600 jadi kamu jangan konyol marut kelapa sendiri. udah miskin gak bisa mikir nanti makin berat beban hidup kamu.

Tips ane ini udah syakih dan benar gak usah kamu tentang, kamu nentang tapi bisa membaca tulisan ini pun ane gak percaya kamu pinter. Buat koneksi internet aja kuat buat makan enak dan murah buat lebaran dan gak bisa dan masih ngeluh dan sambat.

Semoga tulisan ini menginspirasi semua orang dan menyadarkan orang orang miskin yang malas dan bebal. Dan di bulan Syawal ini ijinkan ane memohon maaf jika banyak salah. Mulai dari 0 ya seperti akun facebook ane yang abis kebanned pertengahan puasa kemarin.

Salam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s