Mindset Startup dan IM


membangun startup dan im

Nulis lagi, kali ini ane akan sedikit bercerita tentang Maindset Startup, IM atau keduanya. Ahamdulillah ane berada di lingkungan ini hampir  sejak lahir, membangun startup jamu dan startup kuliner sejak lahir. Dan bermain IM sejak SMA. dimana dunia yang ane senangi ini sekaligus menjadi lahan ane bertahan hidup saat ini. Walau masih banyak lingkungan lain yang mempengaruhi ane sampai saat ini dan juga ane jalani.

Tentang dunia Startup dan IM ini adalah satu hal yang berbeda namun bisa digabungkan dalam penerapannya. namun terkadang mainset orang yang tidak pernah menjalani keduanya akan susah menemui titik temu pemikiran.

Mindset Startup

Yang ane bahas disini secara menyeluruh ya bukan hanya startup dalam tanda kutip online. Karena pada dasarnya Startup adalah sebuah produk. membangun Startup adalah membangun produk, Bisa instan namun tetap kita harus berjalan dan terus berkembang layaknya membangun sebuah warung, jasa service elektronik dan masih banyak banget bahkan sekelas dropbox saja masih startup sampai saat ini. Dimana kita perlu riset seiring waktu dan mengerti kebutuhan pasar dan target pasarnya. Dan yang paling menting adalah mengerti apa yang user atau pelanggan butuhkan.

Yang jelas tetap butuh waktu, panjang pendek waktu untuk mencapai titik tertentu tergantung banyak faktor. uang untuk menghayer orang canggih, biaya promosi yang tidak terbatas tentu menjadi salah dua faktor untuk membuat itu bener bener langsung rame walau ada faktor lain lagi keberuntungan, teming yang tepat dan ide untuk berinovasi serta kerja keras yang extream itu yang tidak membutuhkan salah dua faktor diatas.

Namun kerja keras itu pasti namun modal itu gak melulu tapi itu minimal tetep harus ada. Membangun startup berarti kamu membangun sebuah produk. Whatsapp butuh waktu hingga sekian tahun untuk benar2 bisa sampai sekarang ini, Detik juga butuh waktu hingga seperti saat ini. Namun Android hanya butuh waktu kurang dari 2 tahun sebelum dibeli Google. Jadi dunia membangun sebuah produk sesingkat apapun benar-benar dunia kerja keras.

Mindset IM

Internet Marketing adalah dunia dimana mencari sesuatu dalam waktu cepet, intinya sih duit cepet. Dari yang bermain Adsense, CPA, CPM, CPC, CPD, CPS, Email dan masih banyak lagi sub lahan uang yang bisa didapatkan dari dunia IM. Namun sama sebenarnya IM juga butuh kerja keras membuat konten membuat website mungkin juga membuat boot jika memang ingin bener bener cepat tak kecuali membakar uang untuk beriklan. Sama sama tidak bisa instan namun pola pikir yang membuat uang dengan cepet itu yang membedakan. Gimana membuat website 3 bulan bisa langsung menghasilkan, gimana ads bisa mendapatkan hasil.

Kalau dilihat sepintas memang benar2 mirip namun mindset dimasing2 orangnya tentu beda.

Lain cerita

Orang Stratup jika tidak pernah menjalani sebagai orang IM tidak akan pernah percaya bahwa uang 2 Milyar bisa didapet hanya mainan Adsense, CPA, CPM, CPC, CPD, CPS. Orang IM juga tidak akan pernah mau repot bahwa membangun sebuah produk itu harus langsung bisa menghasilkan. Intina jika langsung ke masalah duit Startup itu uang lama dan IM itu uang cepet. Soal mendapatkannnya pun beda sehingga jika mereka berdua jika bertemu dan sama kolotnya maka tidak akan pernah ketemu.

Namun jika keduanya bertemu dan membuat sesuatu dengan penggabungan 2 mindset itu maka akan keluar sesuatu yang luar bisa. Atau satu dengan yang lain saling melengkapi dan berfikir menggunakan hal hal yang tidak digunakan di mindset mereka bisa diimplementasikan ke mindset mereka. Tentu akan mempercepat itu semua.

Namun lagi lagi jika orang yang sama sekali tidak pernah bermain IM itu sama dengan orang yang tidak pernah membuat startup. Apalagi menanggapi orang ngeyel yang tidak punya startup dan tidak mainan IM tak sok tahu dan menggabungkan dua hal itu ketika ngomong, Namun ukuran sukses itu masing yang melihat. Ya alhamdulillah walau ane masih semangat mencapai titik yang ane harapkan. Ane adalah orang yang kebetulan lebih dari sepuluh tahun setelah lulus SMA bergaul dengan dua Mindset itu sehingga mindset ane bisa dua dua nya. Kebetulan juga ane menjalani 2 Mindset itu hingga saat ini.

Sehingga ketika bertemu dengan orang yang condong ke arah startup ane akan luwes berbicara tentang hal itu juga jika ngobrol dengan orang yang bermain IM ane juga bisa nyambung dengan itu. Walau ane akan selalu mengosongkan pikiran ketika bertemu dengan orang agar selalu mendapatkan hal baru sekecil apapun.

Ane ngeblog sejak sma dari jalan pake WAP. Bikin situs sendiri pake wml membuat situs statik dengan HTML di geositis hingga membuat jasa membuat website di situs wen.ru serta jualan aplikasi bot mig33 dan pasukan akun klonengan sejak SMA, Hamid tahu semua itu. Membuat NGONOO dan GOOWES bersama temen2. Jelas memang mindset ane tentang IM agak sedikit lebih mendominasi dari pada startup. Walau ane juga membuat jasa pembuatan facebook dan email serta berjualan barang klenik di kaskus. Mungkin perbandingan mindset IM dan Startup ane 60:40 namun ane tetap bisa memfilter dan menempatkan diri jika berbicara dengan masing orang yang memiliki 2 pemikiran itu.

Bagaimana membuat startup agar lebih cepat dikenali dengan menggabungkan metode anak IM, juga bagaimana belajar membuat produk walau ane juga anak IM. Rugi terus kok bakalan untung, itu yang kadang hadir ketika pola pikir IM ane muncul dulu ketika melihat eliviana dengan trefik hampir 3 juta kala itu disuatu surat kabar online yang ternayata masih rugi Milyaran hingga 4 tahun kedepan.

Pikiran ane sih dengan trefik hampir 3 juta jika dikasih adsen udah berapa juta itu perhari. Namun ketika itu dimention balik dan diberi tahu bahwa untuk dengan jumlah segitu dalam waktu segitu dan memiliki jumlah visitor segitu, aset  dan faktor2 lain itu sudah bagus itu, karena nilai bla bla bla nya akan bla bla bla ane kurang inget. Setelah dipikir2 iya juga ya. Startup itu terdapat ilmu ekonomi bisnis dan hitungan2 lainnya yang memang kita harus belajar. Sampai saat ini ane masih terus belajar sedikit tentang ekonomi bisnis dll untuk sekedar tahu.

Jadi ketika melihat orang yang belum punya produk sendiri atau  paling tidak masih berjalan, atau paling tidak pernah bekerja untuk membangun startup, hanya menjalani rutinitas di IM terus menganggap Startup itu gitu gitu ya ane cukup senyum saja.

Atau ketika melihat orang yang hanya ngomongin startup yang dia kelola atau dia bikin tapi tidak pernah bermain IM seperti Adsense, CPA, CPM, CPC, CPD, CPS dll ane juga cukup tersenyum saja. Namun alhamdulillah ane pelaku keduanya, membuat startup dan bermain IM. Dan kebetulan juga berada dilingkungan kedua sehingga diberi naluri untuk bisa menempatkan diri jika bertemu dengan orang2 yang banya memiliki mindset salah satu dari dua mindset itu atau bahkan memiliki pemikiran tentang 2 hal itu.

Ane yakin polapikir keduanya jika digabungkan akan luar biasa karena hampir semua yang merajai dunia mengunakan 2 pemikiran itu secara bersamaan, Namun jangan sampai merendahkan atau menyepelekan satu dan lainnya jika memang kita hanya memiliki dan menjalani satu dari 2 pemikiran itu. membangun produk dan uang cepat itu dua hal yang berbeda namun bisa jalan beriringan. Bahkan kita bisa menjalani kedua nya secara bersamaan. Temen2 ane di NGONOO sih cenderung memiliki mindset sama seperti ane, sama dalam artian rata rata memiliki 2 mindset itu karena hampir semua dari kami selain mengurus NGONOO kami juga bermain IM. Tidak sedikit anak IM diluar atau di Indon yang mainan email marketing terus membuat startup layanan Email. Tidak sedikit juga anak startup yang mulai beriklan di nekwork publiser, membeli data untuk kebutuhan promosi bahkan yang membuat jasa website  juga membuat tool agc, screping dll yang tool nya dibeli anak IM. Yang jelas semua itu harus wang sinawang jika hanya memiliki salah satu mindset itu.

Artikel Lainnya :

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab4 Comments

4 thoughts on “Mindset Startup dan IM”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s