Menilai Dari Yang Tersurat Tentang Keluarnya Ari Soekamti


ari-soekamti-mundur_2_20160623_170058

Ikut kaget kemarin mendengar berita keluarnya Ari Soekamti dari Endank Soekamti. Walau Ari Soekamti mengundurkan diri dari Endank Soekamti dan Endank Soekamti tidak akan pernak menganggap Ari Soekamti atau Ari Hamzah keluar.

Ane tidak akan mencampuri urusan orang lain, hanya sebagai pemerhati yang kebetulan setahunan ini memang mengikuti Endank Soekamti intens khususnya memang didunia maya khususnya memang dengan gebrakan-gebrakan yang mereka lakukan yang telah menginspirasi banyak orang.

Ane hanya bisa membaca, mengira dan menyimpulkan apa yang bisa ane lihat. Karena tidak tahu juga faktor apa yang mempengaruhi Ari Soekamti ini mengundurkan diri. Dari yang ane lihat sih KEMUNGKINAN faktor yang mempengaruhi keluarnya Ari Soekamti adalah kejenuhan namun lebih condong karena banyaknya target dan kegiatan diluar dalam tanda kutip aktifitas Endank Soekamti itu sendiri, walau semua itu masih dalam satu kesatuan tujuan yang sama sama jalan beriringan.

Ane juga tidak akan menyudutkan Erix Soekamti dalam tulisan ini namun ada faktor lebih yang berawal dari ide-ide keren Erix Soekamti ini yang malah menjadi bomerang bagi DNA dan Roh dari Endank Soekamti itu sendiri.

AKtifitas Erix yang membuat DOES yang menginspirasi banyak orang bahkan banyak musisi menurut ane sangat melebar, walau melebar kearah yang positif namun berdampak bagi fokus mereka sebagai Band. Ide Erix Soekamti itu sangat sangat bagus namun sudah terlalu jauh dan mungkin malah menyita waktunya sendiri.

Lain cerita mungkin jika DOES ini memang gerakan Erix sendiri, gerakan sendiri yang ane maksut adalah gerakan dimana dia tidak terlalu melibatkan Soekamti secara 100%. MENURUT ANE mungkin itu bisa menjadi salah satu faktor penyebab mundurnya Ari Soekamti. Beda dengan Dory Soekamti yang memang terlihat lebih santai dan mengikuti apa yang Erix Soekamti pikirkan.

Membuat film vlogfes yang baru baru ini sedang meka garap menurut ane juga mungkin sendikit keluar dari dunia band band nan. Oke jika itu memang ingin lebih memperluas pasar ingin lebih berkarya dengan cara lain itu juga sah-sah saja namun kalau dilihat dari video DOES 262 ini, melihat dari obrolan teman teman Endank Soekamti tentang Ari Soekamti ane dapat menyimpulkan bahwa Ari Soekamti ini tergolong orang yang jika tidak suka dengan sesuatu dia tetap memilih untuk tetap menjalani namun jika memang sudah benar benar jengah dia akan memilih untuk berdiam diri ya bisa dibilang mutung. Sebenarnya hampir sama dengan ane. Dan mungkin itu benar benar pada titik paling ujung sehingga memilih untuk mengundurkan diri.

Memang kalau disama-sama kan, Erix Soekamti ini memang sedikit sama seperti Ahmad Dhani dan Dorry Soekamti ini seperti Andra Junaidi dimana selalu nerimo dan sepaham dengan Erix. Ane bukan pengamat musik juga sih namun kita semua cukup paham, kesibukan Ahmad Dhani yang merupakan otak Dewa 19 menyebabkan grup ini berada dalam keadaan kurang sehat. Dhani bisa membentuk RCM hingga artis-artisnya dikenal, tapi Dewa 19 justru tidak terurus. Dalam kontek ini mungkin hampir sama dengan Erix Soekamti yang merupakan bisa dibilang otak dari Endank Soekamti yang sekarang memang jika dilihat sibuk dengan DOES, Euforia dan rencana-rencana besar lainnya. Walau itu positif karena sejalan dengan Endank Soekamti sendiri namun menurut ane juga menjadi kurang sehat.

Kita smua juga tahu, Endank Soekamti bisa seperti saat ini salah satunya adalah faktor Erix Soekamti dengan ide-ide gila nya memanfaatkan teknologi membuat Endank Soekamti 3 tahun ini banyak dibicarakan didunia maya.

Ane sih berharap semua bisa berjalan secara normal lagi seperti dulu, dan Ari Soekamti pun harus lebih berpikir panjang untuk memikirkan sesuatu jangan tergesa-gesa. Tergesa – gesa itu bisa dilihat dari status pengunduran dirinya yang sangat singkat dan tidak dibicarakan terlebih dahulu bisa dilihat dari video DOES 262 dimana semua teman di Endank Soekanti merasa kaget dan tidak tahu, Pesan pengunduran dirinya pun dilakukan di PATH tanpa terlebih dahulu mengobrolkan hal itu kepada Erix dan Dorry.

 

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab3 Comments

3 thoughts on “Menilai Dari Yang Tersurat Tentang Keluarnya Ari Soekamti”

  1. Wah makasih banget gan, ane suka endank soekamti udah lama. Hafal semua lagu angka 8. Tapi sejak kolaborasoe ane rada gak ngikutin akhirnya baru sekarang ane download album soekamti day.

    Jadi yang salah siapa sih gan? Apa mas erix terlalu egois atau gimana tuh?

  2. Kalau yang salah siapa ane gak tahu, namun kemungkinan faktor ide ide keren mas erix yang terlalu melebar kalau menurut ane ada. tapi sekali lagi itu hanya persepsi ane

  3. Ane sejak belum keluar album kelas 1 udah memantau endsoe.
    Sebelum ini emang udah pernah keluar tapi balik lagi, mungkin kali ini udah bener2 jengah.
    Malah pernah adu fisik di backstage antara keduanya…
    Cmiiw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s