Pendangkalan Mungkin Menjadi Salah Satu Faktor Banjir Jogja


Sebelumnya ane juga merasa prihatin atas kejadian Banjir Jogja yang terjadi di Bantaran Kali Code dan Kali Winongo. Namun jika hanya menyalahkan alam rasanya tidak imbang. Pendangkalan menurut ane menjado salah satu faktor. Apalagi setahu ane sih jarang ada pengerukan yang merata. Ya mungkin pengerukan yang sifatnya emang menambang pasir bukan gal yang dilakukan secara berkala. Sedang bagian hulu sungai pengerukan benar benar sangat dalam yang di sponsori oleh para penambang pasir. Bayangin aja bila yang diatas semakin dalam kalinya dan hujam juga cukup deras. Maka bagian hilir yang semalin dangkal seperti kesok an air bah.

Gampangannya mungkin seperti itu. Dan ini harusnya menjadi sorotan utama. Karena sudah bisa dipastikan kalau hidup di Jogja bencana yang pasti akan datang kapan waktunya itu hanya Banjir di Aliran Sungai Merapi dan Erupsi Merapi intu sendiri. Selain itu ya mungkin bencana banyaknya hotel dan macet.

Memang tidak murah ngeruk sungai itu namun kalau berkolaborsi dengan tukang uruk yang butuh pasir atau material uruk tentu tidak akan ada yang terbuang sia sia. Ya secara ane hanya punya pemimpin daerah yang sedikit bicara dan sedikit kerja ya mustahilah pemikiran ane yang brilian dan cerdas ini terailisasi. Mungkin emang harus nunggu ane jadi Gubernur Jogja.

Semoga masalah ini segera terselasaikan dan tahun depan tidak terjadi lagi. Ini ane bagikan informasi 32 Aliran Sungai Merapi.

Apu, Batang, Bebeng, Bedog, Blongkeng, Boyong-Code, Gajahwong, Gajahwong, Gajahwong, Gandul, Gendol, Gendol, Kali, Kali Opak, Kali Progo, Krasak, Kuning, Putih, Winongo, Woro
Info MAP 32 Aliran Sungai Merapi bisa KLIK DISINI
Peta Aliran Sungai Merapi

Leave a Reply

