Ternyata Bisa Mengambil Uang di ATM BCA dengan kartu ATM MANDIRI


atm-bca

Ya namanya juga baru tahu dan jarang memasukkan sesuatu kelubang yang beda. Pengalaman pernah memasukkan kelubang yang beda bisa masuk tapi gak bis angapa ngapain, Jadi pengalaman kayak gini harus ane ceritakan. Ane hampir punya semua bank karena kebutuhan jualan online dan kerjaan yang memang punya nya orang untuk transaksi beda beda jadi untuk meminimalisir ane yang harus ngalah punya semua agar tetap bisa jalan karena kastemer dan klien adalah raja yang sesungguhnya.

Ane kemarin malem karena capek dan ngantuk lupa memasukkan kartu ATM MANDIRI ke MESIN ATM BCA. Dan hasilnya tetap bisa masuk dan bisa ngambil uang. walau agak merasa bingung dan kaget kok menunya beda karena bisanya sehabis masukin PIN terus milih bahasa dan lanjut ke menu, tapi ini abis masukin PIN milih bahasa ane harus memilih lagi transaksi GIRO, TABUNGAN dan apalagi lupa pokoknya ada 3. Ane asal aja milih TABUNGAN dan langsung lanjut kemenu seperti penarikan berapa mau ngambil uang berapa dan uang akhirnya keluar. Baru sadar ternyata itu MESIN BCA, kok bisa ?

Usut punya usut hasil Googling ernyata memang itu memang bisa apalagi jika MESIN ATM nya ada logo CIRRUS. Apa itu CIRRUS ? Menurut sumber yang ane copas seperti ini penjelasannya.

Logo-Cirrus

Cirrus adalah jaringan antar bank lintas negara yang dioperasikan olehMasterCarddi seluruh dunia. Cirrus pertama kali dibentuk pada tahun 1982 sebagai bagian dari jaringan  MasterCard, Maestro, Diners Club kredit, kartu debit, dan kartu prabayar untuk lebih dari 1 juta ATM di 93 negara di seluruhdunia. Selain Cirrus, ada juga beberapa jaringan ATM internasional, seperti MAESTRO, Mastercard Electronic, VISA Plus, dan VISA Electron. Sedangkan untuk jaringan lokal, diantaranya ada Link, ALTO, ATM Bersama, dan PRIMA.

Beberapa negara yang telah mengadopsi Cirrus sebagai jaringan ATM lokal mereka adalah Kanada, Amerika, Venezuela dan Arab Saudi. Di India dan Bangladesh, Cirrus telah menjadi jaringan lokal antar bank sekaligus jaringan Internasional.

Bank-bank besar di Indonesia, seperti halnya Bank BCA dan Bank BNI, telah tergabung dalam jaringan Cirrus. Jaringan ini berguna ketika Anda hendak melakukan transaksi di suatu lokasi yang jauh dari kantor cabang atau ATM miliki Bank Anda. Anda dapat memanfaatkan mesin ATM dari bank lain yang juga tergabung dalam jaringan Cirrus, tentunya dengan membayar charge sesuaitarif yang telah ditentukan.

Beberapa transaksi yang bisa dilakukan di ATM Bank jaringan Cirrus diantaranya adalah Cek saldo rekening, tarik tunai, dan transfer Antar Bank. Untuk biaya masing-masing transaksi di ATM bank yang berbeda, tarifnya sangat bervariasi. Sebagai contoh Bank BCA dan Bank BNI, Berikut kami tampilkan tarif transaksi di ATM jaringan Cirrus untuk masing-masing nasabah dari kedua bank ini,

Transaksi Jaringan Cirrus
BCA BNI
Tarik Tunai Rp 25 ribu / transaksi Rp 25.000 / transaksi
Cek Saldo Rp 5.000 / transaksi Rp 3.500 / transaksi
Transfer Antar Bank N/A N/A
Transaksi Ditolak Rp 5.000 / transaksi N/A

Sedangkan untuk transaksi dari ATM Standard Chatered Bank (SCB) dan ATM Bersama adalah sebagai berikut,

Transaksi Personal Banking Priority Banking
Informasi Saldo Saving Plus: Gratis
Rekening lainnya: Rp5.000 / transaksi
Saving Plus: Gratis
Rekening lainnya: Rp5.000 / transaksi
Tarik Tunai Saving Plus: Gratis
Rekening lainnya: Rp25.000 / transaksi

sumber hargaweb.id

Nah kurang lebih kayak gitu, jadi kalau kartu ATM kamu dibuat ditahun 2014 an bisanya sudah bisa seperti itu, atau paling mudahnya liat dibelakang kartu ada logo cirrus nya gak, kalau ada berarti bisa buat narik duid di ATM ATM bank lain yang juga ada logo cirrus nya tapi ya potongannya seperti ditabel diatas, ane kemarin kena 25.000 . Ya maneman juga sih benernya bisa buat makan 5 hari di olala langganan ane, tapi ya gakpapa ada hikmah yang harganya tidak bisa dihargai dengan uang segtu.

Hikmah itu jadi selama ini pas ane bener benerbutuh narik duid dan semua atm penuh, ngapain ane harus nyari mesin ATM yang sama dengan BANK yang ane pake, jadi selama ini ane ngapain ?

Hampir semua mesin ATM di Indomaret dan ALFAmart sudah ada logo cirrus nya, bisa juga dilihat di plang diluarnya, ATM BANK itu ada logonya apa aja. Ya kalau dipakai buat yang lain bank terus ya tekor lama lama. Tapi kalau saat saat genting ane rasa sangat sangat dan sangat membantu. Dan itupun gak cuma di indon, ketika kamu ada diluar negeri ketika ATM bank nya ada logo itu kamu bisa narik duit dan katanya sih potongannya flet jadi mungkin bisa jadi arternatif kalau gak punya CartuCredit atau Payoneer.

Info logo tambahan setelah masalah ATM ini

Maestro_logo.svg

Maestro adalah layanan kartu debit multi-nasional yang dimiliki oleh Mastercard yang didirikan pada tahun 1990 . Kartu Maestro diperoleh dari bank asosiasi dan dapat terhubung ke account pemegang kartu saat ini , atau mereka dapat menjadi kartu prabayar . Pemegang kartu menyajikan kartu pada titik penjualan ( POS ) dan ini digesek melalui terminal oleh asisten atau pelanggan atau dimasukkan ke dalam sebuah chip dan perangkat PIN . Pembayaran disahkan oleh penerbit kartu untuk memastikan bahwa pemegang kartu memiliki dana yang cukup dalam account mereka untuk melakukan pembelian dan pemegang kartu menegaskan pembayaran dengan baik menandatangani tanda terima penjualan atau memasuki 4 untuk PIN 6 digit .Dalam Uni Eropa dan negara-negara tertentu lainnya , Maestro merek debit utama MasterCard dan adalah setara dengan kartu debit tanda tangan yang tidak memerlukan otorisasi elektronik , mirip dengan kartu Visa Debit . Di kebanyakan negara lain , Maestro setara dengan Visa Electron dan kartu tersier MasterCard . Hal ini membutuhkan otorisasi elektronik seperti kartu debit Solo, yaitu tidak hanya harus informasi yang disimpan di chip atau strip magnetik dibaca , ini harus dikirim dari pedagang ke issuing bank , issuing bank kemudian harus merespon dengan otorisasi afirmatif . Jika informasi tidak dibaca , penerbit akan menurun transaksi , terlepas dari jumlah yang pakai pada account yang terhubung . Hal ini berbeda dengan kartu debit dan kredit lainnya , di mana informasi dapat dimasukkan secara manual ke terminal ( yaitu dengan meninju 13-19 digit dan tanggal kadaluwarsa pada terminal ) dan masih harus disetujui oleh emiten atau stand-in prosesor .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s