Selamat Ulang Tahun Kawan


Kuburan

Selamat ulang tahun kawan, maaf baru ini ane nulis tentang dirimu. Bukan karena baru selo. Tapi mungkin karena baru kali ini jari lentikku kuat untuk menulis tentang dirimu. Jujur beberapa bulan lalu tangan ini lemes bahkan untuk setiap menulis namamu, apalagi untuk menulis panjang lebar tentang dirimu dan meluapkan kehilangan dirimu.

Hari ini 2 januari, adalah hari kelahiranmu kawan. Kamu masih ingat 13 tahun silam kita pertama kali berkawan? Masih ingat kenalan kita pertama kali di salah satu chanel MIRC ?  kala itu aku yang masih berseragam SMA sangat memiliki ketertarikan didunia komputer dan selalu menyisakan beberapa rupiah untuk sekedar online mencari cheat winning eleven agar menangan. Karena tabloid Fantasi saat itu kurang banyak dalam membahas itu, Disela mencari cheat selalu ane sempatkan untuk berain MIRC dan seselaki membalas bribikan ane di Friendster dan sedikit belajar tentang wml dan membuat situs wen.ru yang akhirnya saat itu bisa menambah inkam ane beli rokok sampoerna mild..

Setelah cukup lama cetingan ngobrol tentang dunia komputer, situs sepep dan masih banyak lagi kamu pasti masih ingat kita akhirnya bertemu untuk ngobrol kopidarat, istilah gaulnya kopdar, disalah satu warnet yang dulu mengusasi jogja di daerah timoho. Saat bertemu ane pun masih menggunakan seragam sma dan rompi merah dan motor c70. Hanya sempet bertemu beberapa kali akhirnya kita bertemu lagi di MIG33 room komputer. Kita past masih inget dimana dirrom itu kita sering berbagi tips komputer dan dunia internet. Sampai pada akhirnya kita membuat aplikasi flood, kick mass dll. Ane mulai jualan pasukan kicker dan melanjutkan jualan web wml dengan bayaran pulsa.

Saat itu kamu tertawa ketika melihat ane bisa menggunakan internet secara gratis. masih bermain phreaking dengan bug beberapa port profeder. hampir ada mungkin 4 tahun kala itu ane hampir jarang untuk membayar koneksi hingga menemukan beberapa penguat sinyal. Kamu sempat tertawa dirumahku dilantai atas dimana teman teman mig masih menggunakan koneksi paket di HP untuk sebuah koneksi ane sudah menggunakan PC jadul dan melakukan kegiatan iseng membuat rusuh room room yang rame dengan flood dan kick. Iya kawan, kenangan itu masih sangat teringat. Jam dimana kamu harus balik karena bapak dirumah sendiri pun tidak pernah berubah sampai saat terakhir kamu pergi meninggalkan bapak sendiri.

Dari awal kita bertemu hingga kepergianmu kamu tidak pernah sama sekali mengajak aku datang kerumahmu dengan berbagai alasan hingga kamu pernah bilang. ” Sesok koe nak ngerti omahku koe dolan nanggonaku, sesok nak kapan kapan koe ndolani aku ngetan. saiki aku wae sing dolan ngalor ” , kata kata seperti itu hampir kamu jawab kalau ane lagi pingin pahpoh ketempatmu. Hingga benar semua itu terjadi jamun buatku itu adalah sebuah hal yang menyesakkan. Tak hanya datang kerumahmu, aku juga memandikan mu, melihat kamu untuk terakhir kali, mengangkat dan mengantarkan bahkan kerumah abadimu. Bahkan ane sengaja menggunakan rompi merah yang juga ane pakai saat ketemu kamu pertamakali 13 tahun silam. Ya rompi yang kamu kangeni untuk ane pakai lagi beberapa minggu sebelum kepergianmu.

Kamu masih ingat kawanku, kala aku jualan air laut dan barang2 klenik kulakan di kotagede di forum yang sempat dibikin kawan kawan mu tumbang ? kamu pun sempat gedek gedek ketika ane ngenyang batu akik dan tasbih wangi di pasar legi:mrgreen: , Kamu mengenalkanku Facebook kala itu, awal awal yang lain belum pada bermain dan masih sbuk dengan MIRC dan YM. kamu bilang ” iki situs legawe mahasiswa, sesok bakalan gede kayak e rab ” dulu kamu memanggilku arab. Dan lagi lagi benar  memang benar kawan kini dia menjadi situs terbesar dan kita masih seperti ini:mrgreen: . Kamu masih inget Doyok kawan ? ya orang yang kamu kenalkan aku untuk menjualkan kalkulator cardingannya. DIa mungkin sekarang juga kangen kamu, aku dan doyok kangen kamu,  Kamu mengenalku dengan WordPress yang mungkin saat ini menjadi penghidupanku. Saat kamu heran dengan ane yang dari awal ketemu masih menggunakan WML dan Adobe Dreamweaver crack2an dalam membuat web, Semua kutinggalkan saat kamu mengenalku dengan WordPress sekaligus cara nginstalnya. Ya semua karena kamu yang ngasih tahu. Kamu mengenalkanku akan Twitter dan akhirnya kamu mengenalku dengan teman teman yang lainn lewat @Jogtug.

Tidak sampai disitu kamu mengajariku. Kamu mengenalkan aku transaksi menggunakan paypal. Kamu ngajarin aku bagaimana menginstal sebuat server dengan os ubuntu. Kamu mengenalku dengan Digital Ocean, kamu mengenalku dengan runabove dan kamu mengenalku dengan EasyEngine. Terlalu banyak untuk ane sebutkan apa saja yang telah kamu kenalkan lewat kamu walau kamu tak pernah dengan sengaja atau mengakui semua itu kamu lakukan dengan niatan menolong, hanya berbagi dengan caramu yang keras kepala atau etok etok nemuin.

Beberapa bulan sebelum kepergianmu aku tahu kamu merasa sangat tidak enak denganku karena salah mendelete salah satu situsku yang sebenarnya adalah kecerobohanku karena memang jarang membackup namun akupun iklas dan memang tidak marah atau apapun namun kamu selalu mengulangi lagi membuat stetmen bahwa, “aku isone mung gawe masalah, aku ki rano gunane, aku ki aku ki dan aku ki,”  yang padahal itu adalah hal yang paling ane benci dari dirimu. Aku tahu kamu besar dengan potensi besar dengan kecerdasan luar biasa. Namun sanjunganku pun selalu kamu anggap ngenyek. Kadang aku ingin menampar keras kepala mu.

Ane sangat merasa bersedih sampai sekarang jika teringat sebulan sebelum kepergianmu membuang waktu untuk bercanda dengan ku. 2 minggu sebelum kepergianmu kamu sangat ingin bercanda, pahpoh denganku dan dengan yang lain. semingga sebelum kepergianmu, kamu sampai tertidur ndolani ane tapi ane masih tidur. hampir setiap hari kamu mampir dan pahpoh seperti biasanya. Sampai ane pernah berceletuk. “Koe ki ngopoe mid dolan rene terus, gaya saiki koyo wong selo.” DIa hanya tersenyum dan tertawa. Ane baru sadar mungkin itu cara kamu untuk bercanda disisa waktu yang masih diberikan.

Kamu masih inget gimana kamu mendadak pingin nyusul kami di mandala krida untuk menikmati festifal bangau ? mendadak hari minggu pagi kamu ingin pahpoh dibabaran namun kala itu aku pergi bersama bernad, mbak kiki, fara, ayuk dan melisa ke festifal bangau dan kamu bilang “aku nyusul ojo bali sikek.” Hingga saat kita semua berfoto kamu memilih untuk memfotokan dan tidak mau ikut foto bareng. Ya mugkin itu caramu untuk melepas kami agar terbiasa dengan ketidak hadiranmu.

Kamu masih ingat kawan, malam itu kita bercanda dibabaran tentang kematian beberapa hari sebelum kepergianmu ? membahas aku akan bahagia jika nanti saat aku ke Toraja bersama bernad pesawatku jatuh karena akan mendapatkan asuransi 2 Milyar ? hahaha aku masih ingat tertawamu, bernad dan Laabroo. Aku masih ingat candaanmu ketika aku nantinya mati dan mendapat 2 Milyar kamu minta 100 juta dan Labroo juga 100 juta. “Ba sesok aku njaluk 100 juta ya ba, koe tak dongakke tak yasinke selama 30 hari nonstop wes,” candaanmu bersama laabroo, aku tertawa dan bernad pun hanya bisa misuh dan berkata prek, matama.

Aku masih ingat makan terakhir bareng kamu, dan Laabroo pun pasti juga pasti akan ingat dengan hal itu. Dimana laabroo bertanya tentang botok, dan aku masih ingat kata-kata mu untuk laabroo, ” Broo ojo nyepam koyo baba, nek koe engko melu nyepam terus sik tukang gawe apps sopo”. Dan aku masih sangat ingat malam sebelum kepergianmu kamu cetingan telegram denganku. lagi lagi aplikasi yang juga kamu kenalkan ke ane. Kata yang selalu membuat aku menanggis darimu saat ini adalah, “Ba nang babaran ra? aku dolan ya nunut pahpoh, nitip opo? “ dan biasanya ane menjawab nang babaran mid, biasa es teh. Kata kata itu sudah kayak template. Senin sehari sebelum kepergianmu kamu sempat menulis itu dan ane juga membalas seperti biasa dan mungkin itu kejadian  terakhir aku lupa karena ketiduran dan kamu langsung balik pergi hingga akhirnya aku membalas pada malam hari dan itu adalah balasan terakhirmu kawan. Dan ane mencoba membuka semua akun tempat kita ngorbol dulu dari YM, Gtalk, Skype, BBM dan membuat ane tambah bersedih karena hampir semua berisi sama, Ba online ra ? Ba nangdi ba ? Ba koe nangdi ? Ba … Bal .. Ba … dan itu semua baru ane read, ane buka sehari setelah kepergianmu.

Cetingan terakhir dengan hamid
Cetingan terakhir dengan hamid

Hingga suatu pagi yang benar benar membuat lemes, kala bernad dan ogie datang ke kontrakan membangunkanku mengedor pintu kamar dan berkata. Sabar yo ba, sabar opoe. Ane masih mau menghidupkan rokok dan bernad dan ogie pun bilang. Hamid rano ba, ane pun sempet menganggap itu hanya guyonan dan mereka mengulangi lagi, Hamid rano. Ya sontok membuatku menanggis dan tidak percaya. karena semalem dan kemarin ane masih ketemu kok.

Dari babaran sampai ke rumah sakit tak henti hentinya ane menanggis, kak blontankpoer menelpon saat ane masih dalam perjalanan dan ane tidak bisa menjawab hanya memberi jawaban pelan dan mungkin cukup untuk membuat kak blontank sudah yakin akan berita kepergian hamid itu benar. Di rumah sakit pun ane tidak bisa menyembunyikan kesedihanku. Hingga aku terdiam saat benar benar melihatmu sudah dingin namun dengan muka yang seperti bahagia. Tangan dan jidatmu dingin saat itu kala ku usap namun ane merasakan kehangatan yang lain dan mencoba untuk benar benar iklas saat melihat wajahmu yang bercahaya yang seakan kamu menyampaikan pesan, tak tinggal sik ya ba, aku bahagia kok.

Kawan sampai saat ini ane merasa kamu tidak jauh dariku, kamu seakan masih ada namun hanya kita tidak bertemu. Ane akan mencoba sepertimu yang terus berbagi yang terus menjembatani yang terus mempertemukan orang orang baru. Jagongan juga sudah setahun lo mid. Rasanya baru kemarin ane sama kamu setup bareng di agraris pake Easyengine dan Cloudflare. Kamu selalu seolah bersedih ketika ane bercerita tentang kehidupan, tentang bertahan hidup, tentang menertawai diri sendiri tentang jangan pernah menanggis dengan kemiskinan tentang melakukan apa saja yang bisa kita dilakukan sing penting ubet, jawaban yang sama yang selalu kamu jawab, ” aku jane pingin koyo koe iso ngono tapi mbuh ngopo aku raiso.” Ya keras kepalamu memang tak pernah berubah sejak 13 tahun yang lalu bahkan sampai kamu benar benar meninggalkan ku, sampai benar benar kamu yang membuatku menanggis.

Dihari ulang tahunmu ini diawal tahun ini, ane perkunjung ke tempatmu seperti biasa yang selalu ane lakukan setiap bulan, setiap kamu kadang hadir dan minta didolani. Aku mencoba untuk tidak menanggsi ketika menulis ini namun tidak bisa. Namun aku selalu kelingan pesen bapak mid. “Nek do sayang ojo dtangisi tapi didongani.” Bapak we iso kuat aku ya kudu kuat mid, Met Milad ya Mid, mugo saiki koe wes oleh jodo njuk sesok kenalke aku pas awak dewe ketemu meneh.

Suatu saat semua akan sama seperti sebelumnya dan kita akan menertawakan perpisahan ketika kita bertemu lagi.

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab1 Comment

One thought on “Selamat Ulang Tahun Kawan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s