Tentang Istilah StartUp dan Usaha Menurut Saya

1.-Menilik-Lezatnya-Peluang-Usaha-Startup-Di-Indonesia-3

Buat ane sendiri sih dari dulu selalu mengistilahkan StarUp sebagai usaha kecil yang masih merintis. Tentang founding atau investor adalah istilah kerennya pemodal entah itu offline atau online. Entah itu orientasi usaha yang akan mereka buat berbasis sosial atau usaha berorientasi mendapatkan untung itu pilihan dari si pembuat.

BANYAK ORANG SALAH

Ya banyak orang yang salah dan membuat persepsi yang membuat dirinya tidak akan pernah maju yaitu menganggap bisa hidup dengan founding atau investor. Bia hidup diini adalah benar benar bisa hidup diawal dan seterusnya dari uang founding atau investor. Padahal sejatinya itu adalah uang modal. Modal yang akan kita gunakan untuk membangun sebuah usaha atau karya itu sendiri, bukan uang buat kita bisa menyambung hidup. Karena sejatinya uang atau hasil yang ribuan atau ratusan kali lipat akan kita dapatkan jika kita bisa benar benar memanfaatkan uang itu untuk membangun karya kita.

Facebok sendiri meminta bantuan investor ketika dia benar benar tidak kuat lagi membayari server dengan user yang meledak jutaan. hasilnya ya seperti sekarang ini karena dia sangat pandai mengilah modal untuk usahanya sekarang ribuan kali lipat penghasilan bisa dia raih dengan itu. Yang offline ya mungkin om sadino dimana dia mendapatkan dukungan biaya pada awal karirnya untuk mengembangkan telur ayam boiler.

Gak cuma yang offline, yang offline pun banyak yang utang bank buat memajukan starapnya tapi duidnya tidak buat mengembangkan malah buat biaya hidup. Jane yang salah kalau babagan ini ke orangya itu sendiri. Karena buktinya banyak juga offline online yang sukses dengan ada campur tangan investor atau dana faounding

ORANG YANG SOK ANTI STARUP TAPI BELUM PUNYA APA APA

Banyak juga orang yang seperti ini, sok sok an anti starup paahal dia juga akan bisnis juga dan mencari pemodal juga mungkin pake bahasa alus gak online. Padahal sekarang itu seperti yang ane pernah bahas, Online Offline itu sama saja dalam dunia bisnis, hanya berbeda mekanisme media. Yang taik kucing itu bilang bisnis offline tapi promosi tetap online, orang orang munafik taik kucng seperti ini memang lol sekali. Ya mending diem aja sih kalau tidak sembodo/

Ada juga sebagian yang tidak tahu dunia bisnis sok macak tahu bisnis, menganggap uang dari invetor hanya untuk para starup hidup dan starup akan terus hidup sampai uang investornya habis. Mereka tidak tahu juga perjuangan pembuat starup membangun bisnisnya yang mungkin tidak selalu bisa instan. Walau itu tadi ada juga memang pesatrup yang fak kesana kemari cuma jual ide dan mengharap HIDUP dengan dana modal itu, tapi tidak semua seperti itu.

BUAT PARA FOUNDING DAN INVESTOR

Jika kalian memang bertujuan baik atau tujuan ingin memutarkan uang kalian untuk STARUP entah itu offline atau onlie yang perlu kalian perhatikan selain ide dan output jika dia bergeraj dibidang yang menghasilkan uang adalah dari mana sumber uang yang akan mereka gunakan untuk mendapatkan keuntungan jika usaha atau starup mereka maju? target berapa lama usaha ini akan mencapai titik selesai siap mencari uang ? dan yang jelas babagan riset pasar tentang peluang starup yang mereka bangun. Serta usaha apa yang pernah pengaju dana itu yang sukses ada paling tidak ada dan bertahan yang pernah dia bangun.

Karena juga kebanyakan dari pemilik uang juga kurang memahami tentang pengaju dana itu endiri, tentang trek record dia pernah membuat apa aja yang sukses atau paling tidak berhasil. Karena kalau paokannya yang pernah dia buat ada sebagian yang memang pernah membuat produk dan nyatanya memang tidak berjalan ya kemungkinan memang dari uang uang ounding sebelumnya yang memang cuma buat hidup. Ada juga yang mumkin niatnya baik menolong teman. Untuk urusan duid yang untuk uaha gini kalau ane sih antara teman dan mitra harus kita bedakan. Karena ditempat lain mungkin masih banyak orang2 berkompeten di daerah yang memang kekurangan dana untuk membangun tarup namun tidak mendapatkan kesempatan. Karena kita semua ingin yang terbaik buat semua, Anda mungkin punya banyak duit namun jika itu tepat sasarabkan entah itu niatnya membantu atau memutarkan uang tentu hasil terbaik buat keduanya akan tercapai.

BUAT PARA PELAKU STARUP

Ane rasa saat ini buat kalian lebih bertanggung jawab atas kesempatan yang sudah kalian dapatkan. Tidak semua rang mendapatkan suntikan modal yang besar untuk memulai usahanya ya entah itu offline atau online. Jadi manfaatkan itu sebaik mungkin. Jangan kalian hanya menjual ide untuk keuntungan sesaaat. Inget dan ane yakin jika tujuan kalian hanya untuk hidup sebenarnya kalian hanya akan mendapatkan receh. Keuntungan lebih yang akan kalian dapat akan hilang jika kalian hanya nertujuan seperti itu dan ane yakin hati kalian akan terus miskin.

Jika kalian dijalan yang benar, niat dan tujuan yang benar ane salut, prek prekan saja orang orang yang tidak suka dengan kalian. apalagi yang tidak suka itu belum punya produk apa apa yang bisa mereka banggakan. Tampar mereka dengan kesuksesan yang kalian dapatkan dengan bukti nyata. Karena ane yakin jumlah pe starup yang jujur dan berniat lebih sukses sama jumlahnya dengan mereka yang ingin hidup dari dana founding atau investor.

Yang harus selalu kalian tanamkan adalah kalian itu didanai dan dimodali. Dan juga orientasi ke pandangan kedepan tentang menduitkan usaha itu seperti apa, Punyalah rasa malu jika kalian tidak bisa sukses dengan impian kalian sendiri yang dibantu dana orang lain, Ane yakin ketika investor atau pe vounding selalu kalian tempatkan posisi seperti itu dan sedikit ada rasa malu jika tidak berhasil kalian akan mendapatkan apa yang kalian cita citakan.

SAAT INI PELUANG BESAR UNTUK STARUP DAN INVESTOR

Banyaknya orang orang kaya yang menginvestasikan uangnya untuk kesusksesan orang lain atau mungkin menghibahkan uangnya untuk kemajuan orang lain tentu mempunya banyak peluang buat orang orang yang memiliki kopetensi dalam bidang yang akan dia bangun apalagi yang memang tidak memiliki dana untuk membangun. Ya entah itu mau offline, online atau memang bisnis online dan offline.

Itu semua adalah pilihan tapi jangan jadi orang munafik yang perpindahah haluan karena tidak mampu atau menyalahkan kahanan atau keadaan. Lebih baik menurunkan rasa malu untuk meminta bantuan dari pada menjilat ludah sendiri,

 

 

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab2 Comments

2 thoughts on “Tentang Istilah StartUp dan Usaha Menurut Saya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s