Nasi Daun Jati itu Bernama Sego Jangkrik Kudus

sego jangkrik kudus, sego jangkrik sunan kudus, sego jangkrik surabaya 001 7

sego jangkrik kudus, sego jangkrik sunan kudus, sego jangkrik surabaya003sego jangkrik kudus, sego jangkrik sunan kudus, sego jangkrik surabaya 001 7

Sego Jangkrik Kudus mungkin kalau bukan orang kudus ya bingung itu apasih. Ane sendiri ketika melihat namanya ada udah berpersepsi bahwa yang nasi itu atau sego itu berlauk jangkrik . Ya seperti haknya belalang goreng khas Wonosari yang awesome itu.

Ternyata beda setelah ane buka ternyata Sego Jangkrik Kudus ini adalah semacam Sego Kucing lah kalau di Jogja. Nasi yang dibungkus dengan daun jati. Sego Jangkrik sangat khas dan identik dengan pembungkusnya dari daun jati. Selain nasi, di dalamnya juga ada daging kerbau atau kambing yang dimasak dengan bumbu garam dan asem. Agar tidak tumpah, bungkusan daun diikat dengan bambu atau anyaman jerami. Konon, nasi jangkrik merupakan makanan favorit Sunan Kudus.

Tapi jujur ane gak begitu suka karena rasanya itu malah jadi aneh e, karena daun jadinya iyu malah jadi membuat nasinya itu agak apit dan apek mungkin beda kalau malah kayak pepes yang menggunakan daun pisang yang dibakar.

Jadi aslinya daun jadinya itu cuma bungkus aja gantinya piring. Ane cuma ane makan lauknya ada karena kebetulan ada 2 versi pakai daging kerbau dan hanya menggunakan daging biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s