Wisata Kretek Tak Sekedar Ngomongin Tembakau

wisata kretek, Taman Bojana kudus, soto kerbau, Pindang Ayam, Pindang Daging, Tahu telor gimbal  021

Ya mungkin seperti itu bisa dibilang suasana wisata kretek 3 hari lalu tepatnya tanggal 30  sampai tanggal 3 oktober, 2 bulan sebelum acara saya dikontak mas   diajak akan diadakan wisata kretek, wisata ke kebun tembakau. Wisata melihat pabrik pabrik rokok dan sedikit kulineran. Tanpa pikir panjang ane langsung iyain. barengan sebelum acara ane suruh ngomong tentang NGONOO.com di Mojok.co

Tanggal 30 september pagi ane berangkat dari kontrakan menuju NGONOO Media @ Maliome Hackerspace sempet ngontak  siapa tau bisa barengan berangkatnya. Sepet nyoto dulu di Soto Pak Sholeh tapi malah di tengah jalan liat kecelakaan yang lumayan paarah sebuah mobil menbrak banyak motor berlawanan arah hanya karena si pengemudi mobil mainan HP.

Karena terlalu lama nunggu   ngurus kuliah barunya ane putusin untuk langsung berangkat. Karena niatan juga mau ke Kantor NOKN Bag yang baru untuk beli NOKN B sebelum ke tempat kumpul di  dan sebelumnya udah janjian sama   

Sampai di  langsung di sambut dengan teman teman yang sudah lebih dahulu berangkat ke TKP , Banyak buanget ada cak            dan masih banyak lagi temen temen lainnya gak gak apal akun nya. Tapi sayang idola ane kak  tidak bisa ikutan dateng dari solo karena ada suatu hal.

Perjalanan Pada Pertama

Perjalanan hari pertama ini kenuju KUDUS, Perjalanan hari pertama adalah menuju KUDUS kota Kretek. Perjalanan dari Jogja jam 2 sore dan sampai kudus adalah ba’da isya’ atau jam 7 an. Sampai kudus kita langsung dihadapkan dengan Wisata kuliner di Taman Bojana Kudus yang didalamnya berisi Soto Ayam, Soto Kerbau, Pindang Ayam dan Pindang Daging, Tahu telor gimbal dan masih banyak lagi. Dulunya para pedagang disitu ada;ah yang berjualan di alun alun depan namun sejak tahun 78 nan ditata didalam sebuah pasar semacam ruko ruko gitu berisi kuliner asal Kudus yang bermacam macam.

wisata kretek, Taman Bojana kudus, soto kerbau, Pindang Ayam, Pindang Daging, Tahu telor gimbal  003

Soto Kerbau Kudus

wisata kretek, Taman Bojana kudus, soto kerbau, Pindang Ayam, Pindang Daging, Tahu telor gimbal  008

Tahu Telur Gimbal

Sampai akhirnya malam dan harus kembali beristirahat karena perjalanan besok paginya sangat sangat jauh dan melelahkan. Dan ane ternyata satu kamar bareng Agus Mulyadi atau lebih terkenal dengan  , banyak cerita tentang Agus yang akan saya tuliskan di tulisan selanjutnya.
Perjalanan Pada Hari Kedua
Perjalanan hari kedua diawali dengan  kesiangan, yak karena malemnya begadang sampai pagi dan menikmati wedang asli kudus. Dihari kedua ini ane dan  juga lupa sarapan pagi karena kesiangan dan harus langsung naik ke bus untuk menuju ke Pabrik Djarum. Muter muter 30 menit akhirnya sampai juga kita ke Pabrik Djarum. Yang pertama kita kunjungi adalah pabrik pembuatan kretek 76 yang lumayan melegenda itu. Di Pabrik ini para pekerja dibayar 18.500 / 1000 batang rokok dan sehari minimal mereka harus membuat 4000 batang.
Yang unik di hari kedua ini adalah para pekerja yang rata arata cewek yang udah bener bener fasih dan trampil membuat tanpa berfikir dan menghitung tanpa itungan. Semua udah kira kira dan hati yang berbicara. Di Pabrik ini kita melihat para pekerja yang semangat bekerja. Setelah di pabrik ini selanjutkan pergi ke area SKM , atau Kretek mesin yang merupakan barik pembuaan rokok rokok pake filter. Dipabrik ini kita melihat bagaimana mesin mesin besar berjalan. bagaimana proses dari tembakau datang dan ahirnya diberi saos olahan dan hornya diproses sedemikian rupa hingga menjadi sebuah rokok.
Di Pabrik kedua ini hampir semua nya sudah menggunakan mesin. Jadi kalau kamu ingin mensejakterakan pekerja rokok beli rokok kretek jangan beli rokok kretek filter karena itu udah mesin semua yang ngerjain:mrgreen: . sampai yang keren ada mein yang bisa gerak sendiri tanpa ada supir dan bisa berjalan sendiri tanpa jalur tapi menggunakan sensor. Bener bener seperti di dunia Alien. Sampai dari sini kita terus ke sesi siang yaitu makan makan.
Sempet ngakak itu liat hampir semua ruangan smoking area, tidaka ada tempat yang tidak no smoking, iyolah karang pabrik rokok:mrgreen: . Sampai di toilet aja ada asbaknya:mrgreen: . makan siang di Djarum kita di suguhin Carabg Gesing, Carang Gesing Kudus itu 100% beda dengan Carang Gesing Jogja. Karena yang dikudus ini seperti pepes gitu ayam di kasih tomat jadi agak asem terus dibungkus daun pisang. Sedang yang di Jogja adalah pisang manis, hampir sama dengan nogosari atau kolak tapi dibungkus daun pisang dan biasanya ada kuah santan manis dan roti, Enak pokok e. yang carang Gesing kudu ini juga enak kok.
Terus dilanjut ke kebum penghijauan Djarum dimana PT Djarum Kudus mempunya lahan seluas 84 Hektar yang nantinya akan dibuat seperti taman dan hutan buatan, tempat ini namanya OASIS Djarum. Disana ada banyak pembibitan tanaman yang nantinya akan dibagikan ke warga atau digunakan sebagai penghijauan kota kudus. Sebulan Area pembibitan itu dapat menghasilkan lebih dari 3000 bibit siap tanam, Tempatnya keren pokonya kalau mau sebagai tempat wisata bareng keluarga. ayang saat ini belum dibuka untuk umum.
Seleaikan dapet rokok ambil sendiri terus selanjutnya adalah kita menuju hotel buat instihat menuju acara malam yaitu mendengarkan sanggar tari di PT Djarum, mendengarkan seperti Maiyahan yang disini oleh anak Cak Nun , Noe Letto Atau Sabrang Mowo Damar Panuluh yang bercerita tentang tembakau dan rokok. Kelar acara terahir dihari kedua terus menuju hotel lagi.
 Bersambung ke Cerita selanjutnya di hari ke 3 dan seterusnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s