StartUP Modal Kongsi

kongsi

Ini adalah trend saat ini, bagaimana kita memuali sebuah proyek atau cita cita kedepan yang mungkin kalau sendiri tidak akan bisa lebih cepat bila dikerjakan bersama. Dan ini adalah cara paling murah dan mudah. Kebetulan karena saya bergelut di dunia online menggabungkan beberapa orang yang memiliki tujuan sama ahirnya menghasilkan sesuatu untuk bersama. Ini juga berlaku didunia offline. Bisa dalam usaha bisnis kuliner warung dll. Gabungan orang yang ounya tempat dengan orang yang ounya modal dan orang yang bisa mengelola maka akan berjalan suatu usaha.

Kenapa ane bilang itu untuk tujuan yang sama, karena semua gak melulu ujung ujung nya duit, karena bisa dalam bentul sosial. Contohnya mungkin membuat panti asuhan bareng, membuat pelatihan gratis, dll dll. Karena sangat picik kalau melulu uang hasil ahirnya. Yang penting ajalah cita cita bersama yang sudah diomongin pada awal berkongsi itu.

Hal ini telah di terapkan juga di luar benernya. Namun saya hanya akan memberikan tips memilih temen kongsi yang nantinya akan sepaham dengan cita cita awal, yang komit dan ahirnya menuai hasil bersama.

Pilihlah orang yang kamu anggap bisa dibidangnya.Ini yang penting, karena gabungan dari beberapa keahlian akan menyempurnakan sebuah karya karena mengandung beberapa unsur saling melengkapi. Kalau dalam hal yang berkaitan duit kongsing bisa dalam bentuk menyuruh kongsian mengerjakan nakun ada nilai uang yang harus kita bayar untuk menghendel kongsian yang kita anggap mampu diajak kerjasama. Ada juga kongsiang yang benar benar memulai dari nol. Semua partner kongsian bermodal apa yang bisa dia curahkan untuk cita cita bersama itu. Ada yang menyumbang jasa ada yang menyumbang uang dll dll. Banyak banget jenis kontribusinya.

Saran saya jika ujung nya duit, kita harus memulai itu dengan profesional kesampingkan atas dasar teman dalam setiap konsian seperti ini. Kalau perlu hitam diatas putih lakukan itu, ane rasa tidak akan ada masalah jika memang semua memiliki niat yang sama dan visi misi bersama yang jelas. Walaupun sebenarnya keseriusan dan totalitas yang partner kongsian semua lakukan jika memang benar benar pasti melebihi hitam diatas putih yang disepati. Namun biasanya partner yang sering pesimis dan mungkin kurang total pasti akan ragu jika ada hal itu, alasan ini itu dan hanya sebatas janji untuk sama sama menuju tujuan bersama.

Masalah akan timbul biasanya jika salah satu dari partner kongsian kita tidak serius dan seperti kurang semuat dan tidak yakin akan kongsian disepti bersama. Karena jelas biasanya hal seperti ini akan membuat kecemburuan sosial partner kita yang lain yang benar benar serius akan hal yang dirembuk bareng ini.Apalagi kalau punya cita cita yang berhubungan dengan duit diahirnya. Duit dari panenan usaha kongsian bersama.

Biasanya masalah awal gak melulu masalah duit. Apalagi kalau emang sama sama mulai dari 0. Tapi karena kehilangan tujuan yang disepai bersama. Ada orang yang memang cuma bisa berkontribusi dalam bentuk tenaga. bagaimana dia telah totlitas dalam menggarap cita cita bersama akan tetapi partner kongsian yang lain tidak serius dalam menjual. Begitu juga sebaliknya orang sudah menjual kesana kesini tapi partner yang lain tidak serius mencurahkan tenaga yang dia punya untuk cita cita bersama itu.

Jujur ini pengalaman pribadi ane sendiri yang beberapa tahun ini ane alamin. Kongsian yang beerapa tahun ini ane alamin ada yang alhamdulillah suskes ada yang sebagian mandek dengan ketidak pastian mau dibawa kemana. Ane kadang hanya sayang, kenapa diera sangat susah mencari partnet yang loyal namun tidak banyak yang serius dan cenderung menyianyiakan kesempatan yang sebenarnya sudah jelas didepan mata.

Partner kongsian yang serius dapat saya pastikan karena dia yakin cita cita bersama itu akan terwujud dan nantinya akan menghasilkan, kalau dalam konteknya ujung ujung nya duit. Karena dia yakin suatu saat bisa hidup dari usaha yang bener bener serius dia tuangkan dan dikelola bersama. Namun kadang ada yang menggap kongsian hanya sebatas hiburan semata sukses tidak sukses juga tidak rugi karena semua dikerjakan bareng bareng. Apalagi ada unsur teman didalam nya , bukannya tambah dekat malam jadi renggang karena partner partner kongsian sendiri penyebabnya. Tapi jangan sampai hal seperti ini terjadi. Namun ane yakin orang orang sperti ini akan malah dijauhi orang orang yang merasa dikecewakan, bukan masalah uang atau cita cita yang tidak terwujud. Tapi karena emosi yang dia tuangkan merasa tidak dihargai oleh teman partnernya. Semoga kita terhindar dari hal hal seperti ini.

Kongsian dalam startup itu melibatkan emosi yang lebih, dari model membuat sesuatu dengan jelas jelas membayar orang. pesan saya jika memulai startup model seperti ini cari yang memiliki visi dan misi yang sama, memiliki loyalitas yang sama bahkan lebih dari kita yang membuat ide kongsian dan buang jauh jauh atas dasar pertemanan jika kita benar benar serius. Alhamdulillah banyak juga teman teman ane yang sukses dengan hal seperti ini.Alhamdulillah juga saya sukses menggunakan metode kongsian dengan cara seperti ini.

Ane rasa cukup segini dulu, semoga bermanfaat buat ane dan buat bero and sest semua

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab1 Comment

One thought on “StartUP Modal Kongsi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s