Memburu Rumah Makan Padang Jogja

padang giwangan

padang giwangan

Rumah makan padang sederhana di yogyakarta mungkin bukan sesuatu hal yang asing lagi. Mulai bermunculan satu persatu. Kebutuhan akan kuliner di Hogja juga tidak ada habisnya makanya bisnis ini terus bermunculan. Ane yang hampir seluruh hidup di habiskan di jogja tentu sangat tau akan hal ini dan jangan tanyakan ke ane tentang warung padang, karena kamu akan kalah awu dengan ane.

Dulu dari kecil RM Padang yang merajai Jogja adalah RM Padang Minang Ria, Karena memang saat itu belum banyak dan kenapa ane tau karena kebetulan masih tetanggan ma ane. kebetulan kenal ama Om helmi dan anak nya Putra namanya yang kebetulan temen main ane saat masih ane kecil.  Dulu Minang Ria ini ruame buanget. rendang nya msih rendang paling enak di Jogja menurut ane, bahkan rendang paling enak di indonesia atau di padang itu sendiri. karena kebetulan ane udah pernah ke sumatra dan mencoba rendang khas sana.

Namun seiring jaman berputar era RM Padang yang benar benar padang mulai pudar di jogja. tepat nya 8-9 tahun yang lalu tepat nya saat warung warung makan prasmanan mulai ramai di jogja dan sejak konsep prasmanan itu mulai di terapkan RM Padang di Jogja . Sejak saat itu bisa di bilang RM Padang yang bener bener ala Padang pun mulai lenyap di pasaran.

Salah satu RM Padang yang kenurut an adalah sebagai Jikal bakal RM Padang Prasmanan di Jogja adalah RM Padang Giwangan. Artikel serupa pernah di tuliskan temen gowes ane wijna . Dulu kami yang dulu nya tergabung dalam wadah Sabtu Pagi Sepeda Santai. Tiba tiba kangen masa masa itu dulu pas bener bener selo. Lupakan masalah selo kembali lagi ke topik utama:mrgreen: . Nah nah konsep RM Padang yang diterapkan  RM Padang Giwangan inilah yang sekarang diadopsi hampir semua RM padang di Jogja. Di Jogja kita tidak memiliki sesuatu yang unik udah gitu gak prasmanan ane yakin warung tidak akan bertahan lama. Bukanya doain jelek sih tapi kenyataan seperti itu yang ane tau.

Karena menjamur nya RM padang ini lah seleksi alam kemudian muncul, tapi kusus yang prasmanan seleksi alam itu tidak begitu banyak berpengaruh. Jaman sekarang di dunia kasunyatan urip yang ane tau. Orang makan tu udah gak mikir enak gak enak. Yang penting murah dan banyak. Tapi masih banyak orang orang miskin yang belagu itu juga kasunyatan urip yang ane tau.

5000 aja bisa makan kenyang di RM Padang yang gak mesti kita ke padang.  Tapi saran ane sih jangan terlalu sering makan yang bersantan dan sambel akan berpengaruh buat perut apalagi pas pup. Ane pernah rasain dulu pas masih nyambi kerja di jl Kaliurang. hampir setiap hari ane makan padang dan hasilnya sangat gak enak, Tapi ener nya bisa di akali. dengan kombinasi sayurannya dibanyakin dan selang sling pake dan gak pake kuah.

Di Jogja sendiri ane udah memiliki beberapa riset sendiri tentang RM Padang, yak sebagai Duta Muda RM Padang Indonesia ane harus membagikan beberapa tips ini. Biasanya RM Padang yang nasinya enak, pasti masakannya enak. Enak menurut ane sih nasih yang misah misah dan pulen jadi gak kayak nasi bubur atau nasi pero, Kalau temen temen tau nasi nasi goreng, ya kurang lebih seperti itu. Di Jogja sendiri nasi padang yang menurut ane enak ada beberapa seperti Jaringan Duta Andalas, terus  Padang lima sekawan di pandean, Riski minang dan RM Padang Giwangan.

Jaringan Padang Murah Meriah kalau menurut ane massakannya gak enak, nasinya pero kadang kuah terlalu asin dan yang jaga biasa gak cantik😐 , Jaringan RM Padang Duta Minang ini enak banget apalagi Cumi nya tapi tergolong sangat mahal kalau ane, Nasi ayam di bandrol 9k dan cumi aja di bandrol 15k. Tapi yang jaga cantik cantik seumuran ane lah 20-25 an gitu, gelis gelis kalau kata orang sunda dan mukanya kayak cut tari semua, Gimana mau konsen makan:mrgreen:

RM Padang Giwangan sekarang ikannya kecil kecil ane juga gak rekmendetin untuk saat ini, kalau ane sendiri sih bisanya sekarang kalau gak RM Padang Lima Sekawan ya Rizki Minang. RM Padang Lima Sekawan ini jos banget ayam sambel nya biasnaya keluar kalau dah siangan harga nasi ayam 7k + parkir 500. Sedang Riski Minang Nasi Ayam 6,5k tapi nasinya kadang gak enak , tapi yang enak disini adalah free bumbu rndang yang glawui. Ane kalau pas bener bener gak punya duit makan cuma ama nasi + sayur  + bumbu rendang nya cuma 3k tapi udah bener bener kenyang. ya gak kuat beli rendang tapi ngrasain bumbu nya.Yang khas dari RM Padang bener nya adalah rendang ama berkedel nya. Walau kalau kita ke padang atau ke sumatra sendiri padang disana malah kebanyakan menyuguhkan ikan ikanan dan cenderung asin karena ane pernah lumayan lama di jambi sekitar 4 bulan. Ngomongin jambi jadi inget nini ane yang disana yang udah gak ada beberapa bulan lalu😦

Kurang lebih begitulah cerita RM Padang di Jogja yang sekarang bisa disebut makanan khas Jogja karena dimana mana ada:mrgreen:

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab8 Comments

8 thoughts on “Memburu Rumah Makan Padang Jogja”

  1. Kurang ajar ini postingan. Baru hari Minggu kemaren ane makan padang gara2 twit ente. Seminggu kemudian, masih di hari Minggu, ane nyasar kemari pas gugling “RM Padang Enak Jogja”. Jiaaah! >.<

  2. Hooioo.. rekomended ikih postingane.. btw rumah makan padang lima sekawan ki ngendi? njuk alamte liane ngendi meneh? nek nggiwangan aku reti..
    ono kui masakan padang enak nyang lor uad kampus loro. . sanding toko sepatu.. njuk siji engkas rumah makan padang uni upik.. jalan sisingamangaraja.. ngarep bakso telor pak agus.. josh kui yowan kanggoku.. ;D

  3. Waaaahahahah

    Lima Sekawan ono 2 mbak, siji ne nang jl pandean pernah e kidul Pamela2 atau Lor terminal lama wetan ndalan. Cabang ke 2 nang Lor UGM jl kaliurang ngarep selokan samping gudeg bu sopo kae lali. Sing lor UAD 2 kui aku wes nyobo cen joss kono yoan. Sing jl sisinga mangaraja aku rung tau e, karo pasar telo ngendine?

  4. Cobain mas, RM Karya Minang, mantab dah rasa nya. lokasi: Kampus Mercubuana Yogyakarta (jembatan merah gejayan) keselatan terus sekitar 500m. jl. mpu tantular no.300

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s