Menikmati Kopi di Klinik Kopi

klinik kopi - rasarab - escoret -45

klinik kopi - rasarab - escoret -11

Malem ini berkunjung ke klinik kopi yogyakarta tempat ngopi nya @escoret yang berlokasi di Gejayan selatan Toga Mas. Tempat nya lamayan asik walau agak sedikit seram karena di hiasi dengan rimbunnan pohon jati tapi memangtempat nya rekomendet banget. Dateng langsung tanya tanya sejarah lokasi nya itu dulunya apa dll. Ternyata memang dulu nya adalah sebuah kebon yang ahir nya ditanami pohon jati yang sangat sangat terawat.

Langsung ke tujuan utama yaitu mencicipi Kopi Buatan @escoret yang dengan racikan nya yang sangat joss. Dia juga sambil menjelaskan tentang tatacara penyuguhan kopi yang benar agar sangat enak dinikmati. Karena besiknya jujur sejak 2 tahun ini ane sangat menghindari kopi item karena memang lambung udah mulai gak kuat, faktor usia dan juga karena antiklimak dulu hampir 2 tahun ane hidup di dunia malam perwarnetan yang membuat ane begadang setiap hari dan hapir ngopi tiap hari dan ahir nya memang terasa imbas nya lambung menjadi langsung kumat kalau kena kopi, terutama salah satu kopi yang ada logo kapal nya itu. Hingga sampai saat ini menjadi penikmat kopi level sasetan.

Kembali ke kopi nya @escoret, ane langsung bilang ane pingin kopi tersusah dicari, dan @escoret menyarankan untuk mencoba kopi wamena yang tumbuh di ketingian 1600 mdbl. Dengan alat pembuatannya yang lumayan unik kalau ane kira, model di kongkang ahir nya diambilah sesendok kopi wamena untuk satu takaran kopi satu gelas. Biji kopi nya di jadikan bubuk dulu terus dimasukkan ke dalam alat kongkang itu.

@escoret juga menjelaskan bahwa kopi paling nikmat disuguhkan dengan temperatur air 90’c – 95’C . Ane sih sih biasa menggunakan dispenser kata dia dispenser itu cuma maximal 80’C sehingga kurang enak kalau digunakan untuk menyeduh kopi. Mungkin bagi lidah lidah pencita kopi seperti itu. Juga masalah gelas yang digunakan untuk menyeduh kopi harus nya dalam keadaan hangat karena jika tidak kopi tidak akan nimat. anyang anyangen kalau kata dia. Setelah air mendidih sesuai dengan temperatur yang diinginkan terus dimasukkan kedalam alat kongkang itu dan di kongkang untuk menyaring sari kopi yang paling enak.

3 kali kongkangan ahir nya kopi pesanan ane jadi, tapi karena riwayat lambung ane yang suka bermasalah ahir nya ane menggunakan susu untuk tambahan pemanis ane juga gak suka kopi pait, kalau teh pait ane masih suka. Setelahjadi ahir nya kopi wamena panas segera ane komsumsi. Dan rasanya memang seperti kopi beda dengan kopi kopi yang ane rasakan atau ane komsusmsi dengan cara yang tidak benar selama ini. selang beberapa menit mas @temukonco datang dia menimati 2 kopi jenis apa lupa jeis nya, dari satu daerah dan memiliki 2 macam katanya

Denangan mas @temukonco juga anengobrol ngobrol tentang kuliner Gudeg asal muasal gudeg yang ane sebagai warga jogja sendiri baru tau bahwa gudeg bukanlah masakan kraton mataram. Gudeg adalah warisan kompeni belanda yang tadinya ingin memasak bisteak dengan para koki orang orang jawa, singkat kata orang orang jawa itu ingin memasak bisteak seperti para juragan mereka para orang barat itu, akan tetapi karena tiak mampunya membeli daging mereka menggunakan nangka muda yang secara karakteristik bentuk hampir sama seprti daging sebagai bahan utamanya. Tak heran Gudeg rasanya dan bentuknya seperti daging dan seperti bisteak. Hingga berkembang Gugeg seperti saat ini. Itu cerita mas @temukonco mnurut buka kono tentang sejarah jawa mataram yang menying masalah gudeg. Hingga juga saat ini banyak yang bilang gudeg kraton dll yang padahal kalau di telaah dari sejarah tidak ada hubunganya sama sekali. tapi mungkin karena jaman terus berkembang ahir nya gudeg masuk ke keraton mungkin ya.

Juga kita membahas asalah cokelat dan masihbanyak lagi. mas @temukonco jugabilang si @escoret suruh menyediakan air dingin + es untuk penetralisir kalau kalau ada teman yang perut nya tidak kuat dengan kopi hitam karena itu bisa menjadi penetralisir. Kopi buatan @escoret memang enak, dengan cukup merogoh kocek 10Ribu kita bisa menikmati kopi murah namun tidak murahan. Sangat jauh kalau di banding dengan starbak anak anak gaul itu yang menyediakan teh konyol dengan harag selangit namun malah kehilangan cita rasa kopinya itu sendiri. Hadeh kalau ane sih itungan minum kopi disana mendingbuat makan bisa buat 4 hari.

Buat temen temen yang suka Kopi atau pecinta kopi sepertinya wajib datang ke klinik kopi yogyakarta tempat nya @escoret. Lebih lanjut mention aja pepeng. Dapet bocoran pepeng akan membuat sebuah acara buat pencita kopi setiap sabtu disana. jadi yang ingin tau tentang kopi, bagai mana memilih kopi yang baik, bagai mana mengkomsumsi kopi yang benar danmasih banyak lagi segala hal tentang koki yang belu kita tau bisa belajar disana atau mention @klinikkopi . Dapet satu ilmu dari pepeng bahwa inti dari membuat kopi yang benar dan enak adalah pemilihan biji kopi yang benar, pemasakan kopi yang benar dan yang paling penting danpaling inti adalahmengkomsumsi dengan langsung membuat biji kopi menjadi serbuk terus jangan lupa tentang penggunakan suhu air saat pembuatan. Cukup dengan itu akan didapatkan kopi yang sangat enak.

*cerita tentang Gudeg diatas bisa juga di lihat di blog nya mas @wednesyuda DISINI

10 thoughts on “Menikmati Kopi di Klinik Kopi”

  1. @eudea : Juooossss:mrgreen:

    @warm : Toga mas ke selatan 5 meter nanti ada gang masuk. masuk ada terus kira kira 10 meter nanti kiri jalan nemu kebon jati ada gambar wayang nya, na itu masuk aja di dalam sana lokasinya.

  2. halo saya sedang menulis tentang kopi indonesia. menarik baca entry Anda yang ini, wow ternyata mesin presso hand machine idaman saya itu sudah ada disitu… saya sedang mau tau lebih nih tentang konsep orang indonesia dalam menikmati kopi, preference untuk lidah kita itu kenapa ya selalu kopi tubruk yang nasgitel atau yang juos gandos. Kira-kira ada literatur atau sejarahnya yang bisa saya baca?

  3. Jujur saya kurang tau tentang Kopi mas, hanya hanya sebatas penikmat biasa saja. Kalau mas yuri ingin tau detail tentang kopi bisa langsung tanya2 ke KLIK KOPI di http://klinikkopi.worspress.com atau langsung tanya ke teman saya @escoret via twitter. Di cukup mumpuni untu masalah kopi.
    salam kenal🙂

Leave a Reply

