Tolong Rusak Sedotan , Gelas dan Botol Plastik !!


Ane mulai miris melihat keberadaan ini, dimana daur ulang atau risekel benar benar di terapkan mentah2 di negeri ini. Kalau nyonangin kayak gini ane rasanya mau ludahin muka orang itu [ tapi ya tetep gak tega:mrgreen: ] . Gimana gak emosi coba liat sedotan [ serotan atau pipet ], gelas dan botol plastik bekas orang lain dipake dengan sengaja buat orang lain, ane rasa ini sungguh tidak manusiawi. Ya sekonyol konuol nya ente cari duit, se ngirit ngirit nya ente cari duit jangan gini cara nya. Toh berapa to harga sedotan itu? paling gak nyampe 5000 udah dapat 6 warna lebih.

Maaf agak emosi ini masale ane alamin sendiri ini udah ke 2x nya. Yang pertama dulu awal2 tahun ke nyepeda ke jakarta dan mampir di salah satu tempat yang ane bilang sangat frontal n jelas2 tempat gak asing kalau di jakarta, ane liat dengan mata dan kepala ane sendiri , mana air es teh BEKAS orang lain yang tidak habis di tuang satu persatu hingga menjadi satu minuman utuh yang mungkin mereka anggap layak jual !!! [ FUCK !! ] . Salah satu temen ane Yoga nyonangin itu , tanya dia kalau gak percaya . itu membuat ane rasanya pengen naggis dan pengin mukul itu orang. Segitu nya ya susah cari duit. Yang parah saat itu gelas dan sedotan bahkan gak di cuci [ FUUCCCKkk ]

Gambar diatas dari mediaindonesia

Beberapa waktu lalu juga mergokin hal itu di salah satu warung makan di daerah klaten, gak etis kalau ane nyebut tu warung selain gak etis juga ane udah lupa darah mana wong nyepeda laper gak mertahiin mandek di daerah mana. Dengan santai nya mencuci sedotan bekas dan maskin lagi di wadah nya.. [ FUCKK kalau ane boleh misuh pake bahasa ingris ] . ane masih bisa maafin kalau itu sedotan masih sedotan bekas ane sendiri la kalok bekas orang lain?

Makan dari itu ane menghimbau buat temen temen yang masih peduli dengan orang lain dan diri nya sendiri yuk kita rusak sedotan , gelas dan botol plastik setelah kita pakai, kecuali emang kita akan pakai sendiri lagi. karena dengan dirusak akan sedikit mengurangi kegiatan daur ulang seperti itu.

Dan setelah ane searching di google emang ternyata udah ada gerakan gerakan #antisedotanbekas untuk di twitter dan http://de.tk/5IeXX untuk di facebook, dan ternyata semua itu sejak awal 2010 . Tapi sayang sepertinya kurang banyak yang respon mungkin karena orang belum sadar akan ini semua. dibawah ini juga ada kampanye anti sedotan bekas

Tapi emang banyak yang salah persepsi sih harus nya mereka bilang membuat karya dengan sedotan gitu aja, gak usah pake kata2 bikin kerya dengan sedotan bekas, rasanya gimana gitu padahal ane tau semua yang mereka pake itu pasti baru. Karya yang ane maksut disini karya hasil daur ulang dari sedotan kayak tas, pot bunga dll.  Postingan ini juga bukan berati ane sirik ke mata pencaharian orang lain yang menggunakan barang2 itu mungkin cuma ngasih tau aja bahwa hal seperti ini ada di indonesia. dan ini semua demi kesehatan [ nek pendapat ane sih gitu ]

Kalau yang belum tau cara merusak nya mungkin bisa melihat gambar di bawah itu. cara yang paling simpel adalah dengan menguntel-untel, meremat atau mengrepe-grepe gelas atau botol minuman tersebut, hingga paling tidak bentuk nya tidak utuh lagi

Cara merusak sedotan

Pokok nya mari kita sedikit peduli pada orang lain dan belajar menghargai kesehatan orang lain , kalau kita tidak memulai dari diri kita sendiri maka hal hal seperti ini terus berlangsung, dan mari menuju indonesia yang lebih sehat. Jika temen temen peduli sebarkan informasi ini kesemua orang, salam olah raga

ini banner versi gerakan yang ane dapet di FB

Yang ini yang versi ane agak ane seselin kata2 dikit, jelek maklum via paint

Tambahan dari mbak shellya

tentang ciri2 sedotan yang bekas

saya sendiri juga pernah tau. Paling gampang mau tau itu sedotan bekas atau gak, perhatiin sedotannya, cukup lusuh gak (ini kalo yang putih). Kalo yang sedotan murahan itu, kalo baru biasanya bau plastik.

23 thoughts on “Tolong Rusak Sedotan , Gelas dan Botol Plastik !!”

  1. sering maenan sedotan kayak di vidio itu ane, secara tidak langsung ternyata udah dukung gerakan #antisedotanbekas ya😀
    gak nyangka

  2. Gak cuma sedotan, gelas plastik aja kok. Itu tusuk sate bekas juga kadang dipake lagi ama yang jual (ini bekas kalo kita makan di tempat). Es teh bekas dikumpulin jadi satu gitu emang nyata, saya sendiri juga pernah tau. Paling gampang mau tau itu sedotan bekas atau gak, perhatiin sedotannya, cukup lusuh gak (ini kalo yang putih). Kalo yang sedotan murahan itu, kalo baru biasanya bau plastik.

  3. @Putro Setyo Negoro :
    makanya itu bero kandanin temen2 yang lain biar tau hal ini😉

    @wahyu asyari m
    Hahaha yoi bero, tapi jangan sedotan2 baru di gituin semua, bakul nya bisa tekor :mrgreen:

    @shellya
    iya ya tusuk sate juga bekas, tapi kalau yang tusuk sate nya dari besi/jeruji masih mending ya mbak ya sama hal nya kita pake gelas dan piring. Na kalau tusuk sate yang kayu itu berarti sama kayak kasus diatas ya😮
    Thanks mbak udah kasih tau ciri2 nya, ane pasang di atas tulisanya mbak nya

  4. Terima kasih buat infonya ya, penting juga supaya kita sadar bahwa pemakaian sedotan bekas bisa berbahaya untuk kesehatan kita.

    Bukan cuma sedotan, gelas plastik, tusuk sate….setahu saya, botol2 shampo bekas juga didaur ulang, bahkan diisi dengan shampo abal2an yg berbahaya untuk kesehatan.

    Kalau bisa botol2 shampo dan botol2 plastik lainnya setelah habis, digunting aja, supaya ga bisa disalahgunakan

  5. @susan
    bener banget mbak, malah ada yang botol bekas obat dan yang paling ngenes tu suntikan bekas juga udah ada yang munggut gitu, emang seprtinya segala hal yang berpotensi untuk di pake ulang mending dirusak dulu, bukan apa apasih demi kesehatan bersama

  6. pernah ngalamin hal serupa di salah 1 kantin fakultas di kampus ane. ujung atas sedotan di potong, keliatan banget kalo bekas di pakai. gelasnya pun gelas plastik. padahal dulu masih gelas kaca
    sama temen2 akhirnya sedotannya di lobangin pake bara rokok biar ga dipake lagi

  7. gerakan gini udah lama mas bro. ane dukung banget nih. soalnya apa yang di bilangin mas bro itu benar adanya. semahal itukah sedotan hingga harus di cuci. gerakan ini rusak sedotan udah dari 2010 kalo ngak salah. tapi waktu itu media sosial belum kaya sekarang kali ya. jadi ngak gitu2 booming.

  8. @bernadsatriani:
    cara yang ngrusak yang #lakibanget bero
    woke udah guwe edit, ane ganti broken heck:mrgreen:
    sip emang udah parah dunia persedotan indonesia ini

    @sandalian:
    tak dm di twitter aja mas bero lokasinya yang di jakarta, gak enak kalau disini🙂

    @revographic
    iya bero ternyata gerakan kayak gini udah lama, mungkin karena banyak yang nganggep nya biasa aja kalau emang belum ngalamin sendiri

  9. @rizkianto
    na kan bero kalau ketauan imbas nya gitu, tapi semua gak nyadari itu ya bero😮

    @suryaden:
    woh nek iki tep setuju nek aku😎
    ra bener kui bero, nek le dodolan koe rarep tak tukoni pokok e gah aku *macak priyayi* *satrio piningit*

    @blontankpoer:
    tep aku bocah mu kak

    @mas stein
    nek aku masalah bero, cen pendapat e uwong dewe2 nek aku ngunu😉

  10. isu ini udah pernah aku denger sebelumnya, alhamdulillah belum pernah jadi korban *amit2 jangan sampe*, tapi untuk sedotan aku baru tau kak kalau bener2 didaur ulang😐 ironi…
    tapi, waktu SMA aku sm temen suka jail melintir2in sedotan kayak yg di gambar atas, oalah ternyata kejailan yg berujung manfaat :’D

    kebetulan di Bdg aku tergabung dlm komunitas BdgBerkebun, dan di komunitas ini kita udah berhasil daur ulang gelas/botol plastik untuk dijadikan tempat bertanam di rumah. Lumayan, sedikit demi sedikit awareness ini sampe ke warga Bdg (meskipun belum semuanya)

    ngeri ya kak..
    hal2 kecil kayak gini biasanya suka diabaikan dgn pemerintah, percuma sih mengharapkan mereka juga. Tapi untung kita masih punya komunitas, ya minimal kayak BdgBerkebun utk meminimalisasikan. Jijik juga kan sedotan/gelas/botol plastik bekas terus dipake lagi sama kita? yuk berantas! #dukungKakIqbaleJadiPresiden #lah :)))))

  11. weh nak iki wes dolanan ku ket mbiyen….malah sak durung e dinggo wes diuntir2 trus di slentik i…nganti meh entek sak bungkus =))

Leave a Reply

