Mainan ini tak lekang di makan zaman


Jadi keinget Masa kecil saat ane liat foto itu, foto dari bunda upik di FB, Mainan ini bernama “Kapal othok-othok” , Mainan zaman dulu banget zaman kecil ummi ama abah ane kayak nya udah ini mainan. Mainan ini kerap di jual di ifen akbar seperti sekaten , gunungan dll. Tapi lebih sering dan jarang absen di Sekaten.

Mainan berbahan bakar kapas yang di basahi dengan minyak kelapa terlebih dahulu, terus di sulut dengan api dan di masukkan ke dalam kapal. Terlebih dahulu isi pipa kenalpot nya dengan air. biasanya kalku kita beli di kasih corong air kecil

Mainan ini menggunakan salah satu prinsip air atau istilah nya apa ane kurang paham, jadi ketika udara didalam kapal itu panas dan air yang kita isi mendidih maka dia memberi dorongan lewat uang nya juga menghasilkan suara dari 2 senapan di depannya. [ bayanginnya ruet kan? ane juga😀 ] ya kira kira seperti itu lah

mainan ini bentuk dan disainnya gak pernah berubah juga dari zaman ke zaman, dengan seorang tentara diatas nya dan bendera merah putih di belakang buritan. Biasa mainan ini berjalan di ember. entah sampai kapan mainan ini akan eksis se keras nya roda zaman dan mainan modern yang muncul di pasaran. Wallahualam bi shawab😀

ini gambar gambar ane dapet Disini

1 of 5

Published by:

rasarab

Iqbal Khan urban cyclists. Social Media Specialist, Full time Blogger, SEO Specialist, Web Developer. Founder http://goowes.co & Co Founder http://ngonoo.com EMAIL : ras.arab@gmail.com

Categories Tulisan Rasarab6 Comments

6 thoughts on “Mainan ini tak lekang di makan zaman”

  1. sumprit, dulu waktu kecil aku minta dibeliin mainan ini ndak pernah keturutan.. meski mewek2 ke ortu, tetep aja ndak dikasi.. haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s